Waspada, kini hacker bisa membuka pintu mobil dan garasi dengan mudah!

Waspada, kini hacker bisa membuka pintu mobil dan garasi dengan mudah!

Techno.id - Remote untuk membuka kunci mobil bukan hal baru dalam dunia otomotif. Begitu juga dengan pintu garasi elektrik, yang bisa dibuka dari jarak tertentu. Nah, jika Anda adalah pengguna kedua teknologi tersebut, kini ada alat baru yang perlu diwaspadai.

Jika Anda menekan remote alarm mobil untuk membuka pintu namun tak berhasil sampai beberapa kali, ada kemungkinan hal tersebut bukan disebabkan kesalahan teknis. Bisa jadi seorang hacker seperti Samy Kamkar sedang 'merekam' data dari remote control alarm mobil Anda.

Seperti yang diberitakan oleh Wired pada hari Kamis (06/08/15), setelah mendapatkan data-data dari alarm, Samy hanya tinggal menekan remote bikinannya untuk membuka pintu mobil dengan mudah. Bahkan, alat yang bernama RollJam ini bisa digunakan di hampir semua mobil baru dan pintu garasi elektrik.

Cara ini sebenarnya sudah banyak digunakan oleh para pencuri. Menggunakan code grabber, mereka bisa menduplikat kunci-kunci wireless Anda dengan mudah. Samy menyempurnakannya dengan ukuran yang lebih kecil dari sebuah ponsel.

Teknologi memang diciptakan untuk membantu umat manusia, namun di tangan yang salah, akan jadi sangat berbahaya. So, berhati-hatilah dan gunakan pengaman ganda pada mobil dan pintu-pintu elektrik di rumah Anda.

(brl/red)