VR besutan Google kemungkinan tak butuh bantuan smartphone

VR besutan Google kemungkinan tak butuh bantuan smartphone

Techno.id - Isu Google yang berniat ikut ramaikan industri Virtual Reality (VR) di sepanjang tahun ini sedang dalam perbincangan hangat. Lalu, seperti apa teknologi yang disuguhkan perusahaan pencipta Android itu?

Sebelumnya, VR baru Google diyakini tak jauh berbeda dengan Google Cardboard. Artinya, VR baru ini masih membutuhkan alat bantu smartphone. Uniknya, isu tersebut kini justru berbalik arah.

Menurut laporan Wall Street Journal (11/02), VR baru Google diklaim akan menjadi perangkat mandiri. Layaknya Oculus Rift dan PlayStation VR, wearable gadget ini tetap dapat digunakan tanpa PC, konsol maupun smartphone.

Sebuah fakta menariknya, VR mandiri itu ternyata bukanlah satu-satunya produk yang disiapkan oleh Google. Akan tetapi, ada produk VR lain yang diklaim bakal sedikit lebih canggih daripada Google Cardboard.

Kecanggihan Google Cardboard generasi kedua ini, adalah dari sisi piranti keras (dilengkapi dengan chip dan sensor lebih banyak). Kendati demikian, versi ini dikatakan tetap membutuhkan bantuan smartphone.

(brl/red)