Toshiba kenalkan sensor untuk dukung iris recognition pada gadget

Toshiba kenalkan sensor untuk dukung iris recognition pada gadget

Techno.id - Tentu Anda menyadari bahwa melesatnya perkembangan teknologi saat ini juga dibarengi dengan ancaman keamanan yang semakin kejam. Saat ini, perangkat seluler kebanyakan memang masih bergantung pada password dan lock screen, disusul dengan pendeteksi sidik jari. Namun faktanya, metode pengamanan itu cukup rentan dibobol.

Toshiba sendiri tampaknya sudah siap dengan tantangan ke depan. Dari rilis persnya (08/10/15), perusahaan asal Jepang itu baru saja mengumumkan temuan terbarunya, yakni sensor gambar CMOS 2.1MP dengan codename T4KE1. Sensor berbasis infrared ini hadir dengan dukungan ke teknologi pengenalan iris (iris recognition) untuk perangkat seluler.

Belakangan, diketahui kalau fitur lock screen Android Lollipop 5.1.1 ternyata sangat mudah untuk dibobol. Menurut beberapa ilmuwan dari University of Texas, Anda bisa mengakses ponsel dengan sistem pengamanan bawaan Google itu tanpa harus membuka lock screen. Caranya, langsung saja akses shortcut aplikasi kamera, kemudian setelah mengaktifkan kamera, Anda tetap bisa masuk ke ponsel dengan menggeser taskbar.

Hal yang sama buktinya juga ada di perangkat Apple yang terpasang iOS 9. Sebuah video yang di-upload di situs Youtube menunjukkan jika lock screen dari iOS 9 tidak sepenuhnya aman bagi pengguna. Pasalnya, walaupun perangkat telah terkunci dan diamankan dengan PIN, perangkat ini masih bisa mengakses kontak dan foto tanpa perlu memasukkan PIN.

(brl/red)