Tiru fitur canggih milik ponsel ZTE, Huawei digugat

Tiru fitur canggih milik ponsel ZTE, Huawei digugat

Techno.id - Setelah cukup lama mengembangkan teknologi kameranya sendiri, ZTE akhirnya bisa tersenyum lega. Dua smartphone terbaru buatannya, ZTE Nubia Z9 Max dan Mini, menuai pujian karena mampu menghasilkan foto yang apik sekaligus berkualitas.

Jelas saja, vendor lain pun mengincar kesuksesan yang sama. Belakangan, Huawei ternyata meluncurkan ponsel Honor X2 dan telah mengagendakan peluncuranHuawei P8. Keduanya dibekali dengan kamera yang tak kalah mumpuni dengan dua smartphone buatan ZTE di atas.

Nah, di sinilah perselisihan antar kedua vendor asal Tiongkok ini dimulai.

Menurut laporan GizmoChina (21/4/15), ZTE telah menuntut Huawei karena memakai dua teknologi yang sudah mereka patenkan, yaitu "Slow Shutter and Capture Technology" dan "Imaging and Mobile Terminal Tech". Keduanya berkaitan erat dengan metode pemrosesan gambar saat memotret.

Di samping itu, ZTE juga meminta Huawei untuk menghentikan proses produksi dan penjualan smartphone yang mengadopsi paten milik mereka tanpa izin. Pasalnya, ZTE menuding bahwa Honor X2 sudah mengaplikasikan kedua paten tersebut dan Huawei P8 kemungkinan akan melakukan hal yang sama.

Sejauh berita ini diturunkan, Huawei belum menyatakan sikap resminya terkait dengan gugatan ini.

(brl/red)