Ternyata keyboard lebih kotor dari toilet

Ternyata keyboard lebih kotor dari toilet

Techno.id - Berbicara tentang pekerjaan di kantor, rasanya sulit terlepas dari perangkat yang bernama keyboard. Ya, keyboard memang hampir selalu ada di kantor manapun di dunia. Namun ternyata, berbagai penyakit bisa disebabkan dari keyboard. Bagaimana mungkin?

Penggunaan keyboard yang begitu penting ini harus diwaspadai, terutama untuk masalah kesehatan. Pasalnya, setelah diteliti oleh ilmuwan Inggris, ternyata di setiap tombol keyboard, rata-rata terdapat lebih dari 3.000 organisme berbahaya, mulai dari kuman hingga bakteri.

Selain itu, ilmuwan dari University of Arizona mengungkap bahwa rata-rata desktop menyimpan bakteri 400 kali lebih banyak dari toilet duduk. Tentunya, jika setiap hari Anda menggunakan keyboard, otomatis ribuan bakteri tersebut bisa dengan mudah berpindah ke dalam tubuh Anda.

Dr Wilson, seorang ahli mikrobiologi di University College London Hospital, mengatakan bahwa berbagi keyboard dengan pekerja bisa menularkan penyakit di kalangan pekerja kantor. Hal ini bisa terjadi karena para pekerja sering makan di meja kerja dengan remah-remah makanan yang mungkin jatuh di atas keyboard.

Remah-remah makanan tersebut memicu pertumbuhan bakteri. Terlebih, jika Anda kurang menjaga kebersihan dan jarang mencuci tangan, maka bakteri akan lebih mudah menyerang Anda, seperti yang disadur dari BBC.

Oleh karena itu, sebaiknya peralatan kerja di kantor harus sering-sering dibersihkan. Lagian, proses pembersihannya juga tidak terlalu sulit. Anda cukup mengelap keyboard dengan kain yang telah dibasahi dengan alkohol. Selain itu, Anda dapat mengguncang-guncang keyboard agar remah-remah makanan berjatuhan.

(brl/red)