Tangani SoC untuk iPhone berikutnya, Intel pekerjakan 1000 karyawan

Tangani SoC untuk iPhone berikutnya, Intel pekerjakan 1000 karyawan

Techno.id - Intel kabarnya saat ini tengah bekerja keras untuk menggarap System-on-Chip alias SoC untuk produk besutan Apple, iPhone 7. Menariknya, perusahaan teknologi asal Santa Clara, California tersebut kabarnya telah mempekerjakan 1000 karyawan lebih untuk proyek besarnya bersama raksasa Cupertino ini.

Seperti dilansir oleh TheNextWeb (17/10/15), Intel dikabarkan bakal membekali SoC untuk iPhone terbaru tersebut dengan prosesor Ax dan teknologi chip modem 7360 LTE besutannya. Dengan adanya, dua teknologi besutan Intel di SoC tersebut, kabarnya iPhone generasi terbaru nantinya akan memiliki kecepatan performa dan manajemen daya yang lebih baik ketimbang iPhone yang beredar saat ini.

Intel juga dikabarkan bakal menggunakan proses fabrikasi 14nm miliknya untuk membuat SoC tersebut yang diklaim akan jauh lebih unggul dari proses fabrikasi 14nm yang diusung TSMC dan Samsung, partner Apple selama ini dalam memproduksi SoC. Bahkan, kabar lain mengungkapkan bahwa Intel bakal menggunakan proses fabrikasi 10nm yang tentunya bakal membuat SoC jauh lebih mungil dan padat dari ukuran yang ada saat ini. Meski pada kenyataannya penggunaan teknologi proses 10nm sangat mustahil digunakan, mengingat belum siapnya peralatan yang mendukung terutama jika produksi yang dibutuhkan jumlahnya cukup besar.

Tak hanya itu, chip modem LTE untuk SoC iPhone selanjutnya ini juga bakal mengusung teknologi jaringan CDMA. Kabarnya, dengan adanya teknologi tersebut iPhone generasi terbaru bakal menjanjikan performa jaringan terbaik karena mengusung CDMA dan LTE sekaligus.

Selain bakal dibenamkan pada iPhone generasi terbaru, menurut rumor yang beredar, SoC besutan Intel ini nantinya juga akan ditanam pada Apple Watch.

(brl/red)