Talby, ponsel jadul yang mengusung teknologi modern

Talby, ponsel jadul yang mengusung teknologi modern

Techno.id - Tak semua pengguna Apple Watch kenal dengan nama Marc Newson. Ia dan Jony Ive telah memberikan pengaruh yang luar biasa dalam dunia desain, terutama yang berkaitan dengan ranah teknologi. Dari furniture hingga cabin pesawat, bahkan mereka berdua lah yang mendesain Apple Watch.

Bicara soal desain, Jepang juga memiliki kultur tersendiri soal desain dan tren ponsel. Seperti ponsel yang satu ini misalnya. Hanya dibuat untuk pasar Jepang, Talby dibekali dengan sebuah fitur yang saat itu belum menjadi sebuah tren di manapun. Ya, seperti yang telah diberitakan oleh The Verge pada hari Minggu (28/02/16) lalu, Talby adalah sebuah ponsel candybar keluaran tahun 2004.

Talby, ponsel jadul yang mengusung teknologi modern

Tampilan ponsel Talby
2016 theverge.com/theverge.com

Jika Anda mengingat masa itu, apa yang menjadi tren dalam ranah ponsel? Talby, yang namanya diambil dari salah seorang karakter dalam film Dark Star (1974) dibekali dengan LCD berukuran 240 x 320 pixel saja. Seperti layaknya kamera yang sedang tren saat itu, Talby juga dibekali dengan kamera VGA.

Nah uniknya, kamera tersebut bisa berubah menjadi barcode scanner dengan cara menekan dan menahan sebuah tombol saja. Memang ponsel ini hanyalah sebuah ponsel lama, namun desain, tampilan muka, serta fitur yang diusungnya menjadi inspirasi bagi smartphone yang saat ini sedang Anda pegang.

Satu hal lagi, jangan meremehkan kameranya yang masih VGA, karena Talby juga dibekali sebuah switch yang terletak pada tepi kanan back casing. Switch tersebut berfungsi untuk mengubah mode kamera dari posisi normal ke mode makro. Satu hal yang belum tentu smartphone masa kini memilikinya....

Talby, ponsel jadul yang mengusung teknologi modern

Switch mode makro Talby
2016 theverge.com/theverge.com

(brl/red)