Tak cuma makin canggih, iPhone 6s juga kian ramah lingkungan

Tak cuma makin canggih, iPhone 6s juga kian ramah lingkungan

Techno.id - Kepedulian terhadap kelestarian lingkungan ternyata juga menjadi fokus Apple Inc. Faktanya, perusahaan teknologi berusia 39 tahun itu telah mencoba untuk lebih ramah pada lingkungan dalam menghadirkan iPhone 6s dan 6s Plus.

Dikutip dari SCMP.com (17/09/15), Apple mengklaim bahwa kedua versi terbaru iPhone itu sudah memiliki emisi karbon yang lebih rendah dibandingkan model iPhone tahun lalu. Sekarang, iPhone 6s dan 6s Plus hanya mengandung emisi karbon sebanyak 14 persen, berbanding 16 persen dari versi sebelumnya.

Menurut Apple, persentase itu didapat dari kalkulasi polusi yang dihasilkan selama proses produksi, distribusi, penggunaan konsumen, dan daur ulang produk.

Lisa Jackson, Environmental Executive Apple, pun turut meyakinkan bahwa emisi karbon yang dihasilkan dari produksi iPhone sekarang sudah ditekan hingga setengah dibandingkan tahun lalu.

"Kami merasa hal yang sudah kami lakukan ini penting untuk disampaikan pada masyarakat. Kami seharusnya tak menyimpan hal ini sendiri karena kami percaya pihak lain seharusnya melakukan hal yang sama," katanya.

Memang, Apple tak berniat untuk mempromosikan pencapaian ini saat perilisan resmi iPhone 6s dan 6s Plus kelak. Akan tetapi, raksasa Cupertino itu tak akan berhenti sampai di sini saja. Apple bakal memaksa ratusan supplier yang memproduksi bagian-bagian dari gadget-nya untuk terlibat dalam produksi teknologi ramah lingkungan.

(brl/red)