Smartwatch apa yang bakal laris manis tahun ini?

Smartwatch apa yang bakal laris manis tahun ini?

Techno.id - Tahun 2015, pasar wearable gadget global dijejali dengan beragam pemain. Apple Watch tercatat sebagai salah satu komoditas terlaris. Berkat produk tersebut, Apple pun sukses menduduki posisi kedua di klasemen vendor wearable terbesar dunia, tepat di bawah Fitbit. Sementara untuk kategori smartwatch, Apple Watch bisa dibilang tak punya pesaing.

Untuk tahun ini, apakah Apple Watch bakal tetap tak tergoyahkan?

Mengutip prediksi International Data Corporation (IDC), nampaknya demikian. Tahun ini, diprediksi akan ada 110 juta wearable yang terjual atau naik 38,2 persen dari 2015. Untuk platform smartwatch, Apple-lah yang mungkin berkuasa dengan market share hampir 50 persen. Kendati ada kemungkinan penjualannya melambat karena tak sedikit konsumen yang mengerem pembelian demi menunggu generasi Apple Watch terbaru, produk yang ditanami watchOS ini hampir tak terbendung karena memiliki hardware yang apik dan ekosistem aplikasi yang lengkap.

Di bawahnya, Android Wear menyusul. Namun persentasenya cukup jauh, yakni 21,4 persen. Sementara jam pintar yang mengusung sistem operasi Tizen, Pebble, atau Linux masih minoritas.

Paparan selengkapnya tersaji di tabel berikut:

Smartwatch apa yang bakal laris manis tahun ini?

Prediksi pangsa pasar smartwatch global tahun ini
2016 IDC

"Walau smartwatch seperti Apple Watch atau Android Wear akan mendominasi, populasi mereka hanya seperempat dari total wearable yang laku pada 2016 dan baru akan tumbuh menjadi sepertiga pada 2020," demikian papar Jitesh Ubrani, Senior Research Analyst IDC, seperti dikutip dari rilis pers IDC (17/03/16).

(brl/red)