Smartphone terbaik 2015 di bawah harga Rp 3 jutaan

Smartphone terbaik 2015 di bawah harga Rp 3 jutaan

Techno.id - Hanya dalam kurun waktu beberapa tahun saja smartphone memiliki beragam jenis dan harga yang menyesuaikan spesifikasinya. Tidak jarang smartphone dengan spesifikasi yang tinggi pasti akan dijual dengan kisaran harga dari Rp 7 jutaan hingga Rp 11 jutaan. Sehingga, membuat Anda merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan smartphone tersebut.

Namun untuk tahun ini, Anda tidak perlu lagi merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni. Pasalnya, tahun ini ada beberapa smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi namun dengan harga yang terjangkau. Seperti yang dilansir oleh AndroidAuthority.com (25/05/15), berikut adalah tiga smartphone terbaik yang memiliki harga yang berkisar di Rp 3 jutaan:

1. Asus Zenfone 2

Smartphone terbaik 2015 di bawah harga Rp 3 jutaan

Smartphone ini pertama kali dirilis pada ajang CES 2015, Zenfone 2 adalah smartphone yang hadir pertama kalinya RAM berkapasitas sebesar 4 GB. Namun, ada perbedaan harga jika Anda berminat memiliki Zenfone 2 dengan kapasitas 4 GB. Pasalnya Asus mengeluarkan 2 versi yakni RAM sebesar 4 GB dan RAM GB.

Jika Anda memiliki budget tidak lebih dari Rp 3 juta maka, Asus Zenfone 2 dengan RAM 2 GB adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Smartphone ini sudah dilengkapi dengan Intel Atom Z3560 Quad-core 1.8 GHz dan sudah menjalankan Android Lollipop, sehingga membuat kinerjanya menjadi lebih baik dari versi Zenfone sebelumnya. Untuk kamera, smartphone ini dilengkapi kamera depan 13 MP dan kamera belakang 5 MP.

Selain itu, smartphone ini memiliki layar berukuran 5.5 inch dengan resolusi 1080p x 1920 piksel sehingga memberikan kualitas gambar tajam dan jernih, ditambah kerapatan pikselnya juga sangat tinggi yaitu mencapai 401 ppi. Apalagi layarnya sudah menggunakan teknologi Corning Gorilla Glass 3 dan oleophobic coating untuk melindungi layar.

Untuk desainnya, Desainnya belakanya dibuat sedikit melengkung, dengan menempatkan tombol volume control pada bagian belakang. Ditambah, Bezel layar Full HD pada Asus Zenfone 2 berukuran 3.3 mm sehingga terlihat sangat tipis, dengan tingkat rasio layar 72% yang memaksimalkan pengalaman menonton layar secara maksimal.

Enaknya lagi, smartphone ini juga telah dilengkapi dengan teknologi Fast Charging seperti yang dimiliki Qualcomm. Sedangkan untuk konektivitasnya, smartphone ini telah mendukung FDD-LTE dengan kecepatan akses internet hingga 150Mbit/s. Dengan spesifikasi di atas, smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 2,6 juta saja.

2. Motorola Moto G (2nd Gen.)

Smartphone terbaik 2015 di bawah harga Rp 3 jutaan

Smartphone ini adalah upgrade dari versi sebelumnya yakni Motorola Moto G. Produk ini mengalami perubahan secara signifikan mulai dari ukuran layar, pada versi pendahulunya memakai layar 4.5 inch tapi untuk versi yang baru memakai Layar 5 inch.

Selain itu, pada kamera juga memiliki penambahan kapasitas dari versi terdahulunya yakni kamera depan mengggunakan ukuran 2 MP dan yang belakang menjadi 8 MP. Selain itu, Moto G ini memilki layar berukuran 5 inchi berteknologi IPS LCD capacitive touchscreen beresolusi 720x1280 piksel.

Untuk dapur pacunya, smartphone ini dilengkapi dengan Chipset Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400, dan sudah bisa menjalankan sistem operasi Android Lollipop. Namun sayangnya kinerja dari Chipset tersebut hanya didukung dengan RAM sebesar 1 GB. Hal ini membuat Moto G tidak secepat Zenfone 2.

Untuk ruang penyimpanan, smartphone ini menyediakan ruang penyimpanan internal sebesar 8 GB, namun smartphone ini dilengkapi dengan slot microSD yang bisa diperluas hingga kapasitas 64 GB. Selain itu, smartphone ini juga sudah mendukung konektivitas 4G LTE. Smartphone ini dibanderol sama dengan harga Zenfone 2 yakni Rp 2,6 juta.

3. Xiaomi Redmi 2

Smartphone terbaik 2015 di bawah harga Rp 3 jutaan

Perusahaan teknologi asal Tiongkok Xiaomi memang terus berusaha membuat perangkat canggih namun tetap memiliki harga yang terjangkau. Seperti smartphone Xiaomi Redmi 2, smartphone ini memiliki spesifikasi prosesor quad-core 1.2GHz Snapdragon 410 yang dipadukan dengan dua pilihan RAM yakni sebesar 1 GB dan 2 GB.

Untuk ukuran layar Xiaomi Redmi 2 memiliki layar LCD berukuran 4,7 inci dengan resolusi 720x1280 piksel. Namun sayangnya, layar smartphone ini tidak menggunakan lapisan Gorilla Glass melainkan Dragon Trail Glass yang memiliki kualitas sama yakni anti gores dan anti pecah saat terjatuh pada ketinggian tertentu.

Xiaomi Redmi 2 memberikan Anda ruang penyimpanan internal sebesar 8 GB. Namun Anda bisa memperluas ruang penyimpanan hingga 64 GB melalui microSD. Selain itu, Kapasitas baterai smartphone ini sebesar 2200 mAh yang dapat dilepas yang diklaim bisa bertahan selama sehari.

Untuk masalah kamera, smartphone ini dilengkapi dengan kamera depan berukuran 8 MP dan kamera belakang sebesar 2 MP. Secara keseluruhan, Xiaomi Redmi memiliki kinerja yang sama dengan Moto G yakni tidak lebih cepat dari Zenfone 2.

Untuk harga, smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan.


Nah, apakah Anda sudah menentukan pilihan?


(brl/red)