Siap produksi Nexus, Huawei bakal hadirkan Google Play di Tiongkok

Siap produksi Nexus, Huawei bakal hadirkan Google Play di Tiongkok

Techno.id - Sejak awal tahun 2015 lalu, Huawei memang santer dikabarkan akan memproduksi ponsel pintar Nexus tahun ini. Meski belum diketahui secara pasti kapankah pabrikan asal Tiongkok itu memperkenalkan secara resmi ponsel Nexus rancangannya, banyak rumor yang beredar mengenai spesifikasi dan fitur yang bakal diusung ponsel tersebut.

Salah satu rumor yang baru-baru ini ramai diperbincangkan adalah mengenai akan hadirnya Google Play, toko online perangkat Android, pada ponsel yang akan dipasarkan di wilayah Tiongkok tersebut. Hal ini begitu menarik, mengingat pemerintah Tiongkok selama ini melarang toko online khusus aplikasi Android itu beroperasi di wilayah pemerintahannya.

Menurut laporan dari TechRadar (11/7/15), kemungkinan hadirnya toko online tersebut pada ponsel Nexus besutan Huawei nanti di wilayah Tiongkok tak lepas dari kerja sama yang dilakukan oleh pabrikan tersebut dengan Google selama ini. Banyak orang beranggapan bahwa langkah Huawei tersebut merupakan salah satu strategi kerja sama menguntungkan untuk membantu perusahaan tersebut mengekspansi pasar smartphone di wilayah Amerika maupun Eropa.

Terlepas dari benar atau tidaknya rencana ini, rumor baru bisa dipastikan saat Huawei benar-benar mengumumkan secara resmi kehadiran ponsel Nexus rancangannya tersebut dalam waktu dekat ini.

(brl/red)