Samsung rilis SSD 2,5 inci dengan kapasitas terbesar di dunia

Samsung rilis SSD 2,5 inci dengan kapasitas terbesar di dunia

Techno.id - Sejauh ini, hard drive dengan kapasitas terbesar di dunia masih dipegang oleh Seagate (8TB) dan Western Digital (10TB). Namun, rekor ini nampaknya telah dipatahkan oleh SSD PM1633a dari Samsung kapasitas memori 16TB. Bahkan, SSD sebesar itu hanya dibenamkan dalam memori flash NAND berukuran 2,5 inci.

Samsung memang jenius, mereka merancang sel-sel 3D NAND secara vertikal (V-NAND) sehingga muat menampung memori lebih besar. Rahasia lain di balik ruang penyimpanan memori Samsung yang besar yaitu penggunaan flash NAND die 256Gbit (32GB). Selain itu, Samsung juga berhasil menempatkan 48 lapisan 3 bit-per-sel (TLC) 3D V-NAND dalam satu die tunggal.

Keberhasilan Samsung dalam menjejalkan banyak sel ke dalam sebuah die tunggal ternyata tak terlepas dari dukungan Toshiba. Keduanya bekerjasama untuk menurunkan tahta dari Seagate dan Western Digital, seperti yang dilaporkan oleh News.Softpedia (13/8/15).

Beberapa orang di Golem.de mengatakan bahwa SSD PM1633a ini akan segera dipasarkan ke pelanggan. Sayangnya, produsen asal Korea Selatan tersebut tak sedikit pun memberikan bocoran terkait harga dari SSD PM1633a.

(brl/red)