Robot mungil sekaligus smartphone ini resmi diluncurkan oleh Sharp

Robot mungil sekaligus smartphone ini resmi diluncurkan oleh Sharp

Techno.id - Akhir tahun lalu, Sharp sempat memperkenalkan robot mungil yang dijuluki RoBoHoN pada pameran CEATEC. Robot tersebut tak seperti robot pada umumnya, karena ternyata dapat difungsikan sebagai smartphone Android.

Pada saat perkenalan dulu, Sharp mengatakan bakal merilis RoBoHoN pada paruh pertama tahun 2016. Dan ternyata memang benar, baru-baru ini RoBoHoN telah diluncurkan secara resmi oleh Sharp.

Pasti semua bertanya-tanya, apa yang menarik dari penggabungan robot dan smartphone? RoBoHoN dapat digunakan untuk bertelepon dan SMS. Jika ada pesan masuk, maka RoBoHoN akan bergaya dengan melakukan gerakan berdiri, duduk, dan mengangkat tangan.

Robot mungil sekaligus smartphone ini resmi diluncurkan oleh Sharp

Bahkan, jika Anda malas membaca pesan di punggungnya, RoBoHoN dapat membacakan pesan masuk untuk Anda. Menariknya lagi, pesan masuk tadi bisa dibalas melalui perintah suara.

Untuk spesifikasinya sendiri, RoBoHoN didukung oleh chipset Qualcomm Snapdragon 400. Selain itu, robot mungil dari Sharp ini juga dilengkapi dengan layar QVGA di bagian punggung dan proyektor beresolusi 720 piksel di bagian kepala. RoBoHoN juga dibekali kamera untuk mengenali wajah pengguna, mengambil gambar, dan merekam video. Di samping itu, robot ini menjalankan sistem operasi Android 5.0 Lollipop.

Menurut laporan VentureBeat (14/4/2016), saat ini, RoBoHoN hanya dipasarkan di negara Jepang dengan harga sekitar Rp 23,9 jutaan. Robot ini kabarnya juga kompatibel dengan beberapa penyedia jaringan komunikasi LTE di Jepang, seperti NTT DoCoMo.

(brl/red)