Printer 3D ini memiliki kecepatan di atas rata-rata

Printer 3D ini memiliki kecepatan di atas rata-rata

Techno.id - Teknologi pada printer 3D mulai mendapat perhatian dari beberapa ilmuwan. Printer 3D yang sebelumnya begitu lama dalam membuat suatu benda 3D, kini dengan penambahan beberapa komponen menjadikannya lebih cepat. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi membeli mainan atau hadiah untuk teman Anda, cukup membuatnya sendiri dengan menggunakan printer 3D ini.

Printer 3D dari Cel ini diberi nama Robox. Desain bodi transparan yang diusung printer ini akan mempermudah Anda dalam menyaksikan secara langsung proses percetakannya. Anda tidak akan mendapati kontrol printer berupa tombol maupun touchscreen. Namun, Anda akan diberikan fasilitas lain berupa port USB dan microSD sebagai perangkat untuk memasukkan file model 3D.

Menurut laporan dari Cnet, Robox merupakan salah satu printer 3D yang cepat berkat dua nozzle (penyemprot) dan sebuah sumber filamen (serat untuk membuat benda 3D). Kedua nozzle tersebut memiliki fungsi yang berbeda, nozzle pertama untuk mencetak detail kecil pada benda 3D dan nozzle kedua untuk mencetak detail yang besar. Hal ini yang menjadikan printer 3D Robox lebih cepat dari printer 3D lainnya.

Keunggulan dalam kecepatan printer 3D ini membuat hasil cetaknya tidak terlalu bagus. Jika Anda menginginkan hasil cetak terbaik, Anda harus melakukan kalibrasi pada printer ini secara manual. Namun, cara manual tersebut akan memakan waktu cukup lama dengan proses yang begitu rumit.

Printer 3D yang dibanderol seharga Rp 19,5 juta ini dapat membuat objek 3D berukuran 210 x 150 x 100mm. Robox memiliki banyak bahan untuk membuat benda 3D seperti PLA, ABS, HIPS, Nylon, PC, dan PVA. Selain itu, Anda akan lebih mudah mengotrol printer 3D ini melalui software Robox AutoMaker.

Sebenarnya kecepatan dari printer 3D itu tidak terlalu diutamakan. Pengguna hanya membutuhkan kualitas hasil cetak yang bagus dari sebuah printer 3D. Seandainya printer Robox dapat menghasilkan benda 3D yang indah dengan kecepatan tinggi maka printer 3D ini tak akan tertandingi.

(brl/red)