Perilisan iPhone 6S batal?

Perilisan iPhone 6S batal?

Techno.id - Seorang analis dari KGI Securities, Ming-Chi Kuo, melontarkan hipotesa yang cukup menarik. Pengamat teknologi yang punya track record baik dalam memprediksi rencana Apple itu beropini kalau iPhone 6S tak akan dirilis. Sebagai gantinya, ia menduga Apple akan langsung melompat ke iPhone 7.

Apa yang melatarbelakangi argumen itu? Adalah pengenalan teknologi baru dari Apple bernama Force Touch. Kemungkinan besar, Apple juga akan menanamkan teknologi yang pernah hinggap di Apple Watch dan trackpad Retina MacBook itu ke iPhone. Namun, perubahan di sektor hardware itu dinilai terlalu signifikan bagi iPhone 6S. Oleh karena itu, Kuo berargumen bahwa lebih baik teknologi itu dilimpahkan ke iPhone 7 dengan branding yang baru dan lebih fresh.

Seperti dilansir oleh MacRumors (2/4/15), Kuo juga menjabarkan bahwa Force Touch yang akan dipasang di suksesor iPhone 6 dan 6 Plus itu agak sedikit berbeda daripada sebelumnya. Alih-alih mendeteksi kuatnya tekanan yang diberikan secara langsung oleh jari, Force Touch terbaru sepertinya cenderung mendeteksi luas area layar yang menerima tekanan untuk menentukan seberapa kuat pressure yang diinginkan user. Lemah dan kuatnya tekanan itu nantinya bisa mewakili beberapa fungsi yang sudah diatur. Di Apple Watch, misalnya, salah satu fungsi dari fitur Force Touch ialah mengubah warna emoji.

Sebelumnya, iPhone 6S dijadwalkan rilis pada kuartal terakhir 2015. Soal benar atau tidaknya prediksi dari Kuo itu, lebih baik biarkan waktu yang menjawabnya.

(brl/red)