Pepper, si robot humanis itu, siap "merantau" tinggalkan Jepang

Pepper, si robot humanis itu, siap "merantau" tinggalkan Jepang

Techno.id - Setelah beberapa bulan lalu sebuah robot istimewa bernama Pepper dilepas di pasaran Jepang, kabar terakhir mengatakan kalau robot itu bersiap untuk "merantau". Seperti dikutip dari AFP.com (21/10/15), Pepper akan mengunjungi Prancis, tepatnya di daerah Claye-Souilly, dan bekerja sebagai pramuniaga Carrefour di sana.

Ya, robot yang dibekali dengan mesin emosi, sehingga bisa mengungkapkan emosinya sendiri maupun mengenali emosi manusia, itu ditugasi untuk memberikan saran yang terbaik pada pelanggan. Tugas seperti mengusulkan ide resep masakan sampai memilih wine serta menilai kepuasan pelanggan bakal diemban robot buatan SoftBank itu.

"Fokus utamanya ialah untuk menghibur masyarakat dan mengetes bagaimana reaksi mereka saat melihat sebuah robot di dalam toko," terang Magali Cubier dari Aldebaran Robotics, anak perusahaan SoftBank. Magali juga mengatakan kalau langkah ini adalah awal untuk mengajak robot yang memang didesain untuk menjadi sahabat manusia itu menyasar pasar Negeri Paman Sam.

Tinggal di tempat baru ini pun bukanlah masalah bagi Pepper. Sebab, robot yang lahir tahun 2014 silam itu telah diciptakan dengan kemampuan berkomunikasi dalam empat bahasa berbeda, yakni Jepang, Inggris, Prancis, serta Spanyol.

Pepper sendiri telah terjual sebanyak 4.000 unit di Jepang. Banderol robot yang penciptaannya terinspirasi Astro Boy itu ialah sekitar Rp20 jutaan.

(brl/red)