NASA berencana terbangkan drone ke Bulan maupun Mars

NASA berencana terbangkan drone ke Bulan maupun Mars

Techno.id - Tak puas dengan misi eksplorasi yang selama ini telah dilakukan, Badan Antariksa Amerika atau NASA baru saja mengumumkan bahwa dalam beberapa waktu ke depan kemungkinan besar mereka akan mengirim drone untuk misi eksplorasi di planet Mars dan juga Bulan. Menurut NASA, misi eksplorasi dengan menggunakan drone ini ditujukan untuk meneliti bagian-bagian benda angkasa di luar bumi yang selama ini sulit dijangkau.

Dilansir oleh NDTV (10/8/15), drone yang rancangannya mirip dengan quad-copters ini dirancang untuk bisa mengeksplorasi permukaan tipis Mars dan ruang hampa asteroid serta Bulan. Menurut Rob Mueller, senior technologist for advanced project Swamp Work, NASA Kennedy Space Center, Florida, drone yang bakal diluncurkan untuk Mars dan Bulan di masa depan tersebut diharapkan mampu meneliti di permukaan yang susah dijangkau, seperti kawah dengan kemiringan 30 derajat atau lebih.

Saat ini drone yang bakal mengusung nama Extreme Access Flyers tersebut sedang dalam masa percobaan. Rencananya, prototype drone berkaki lima ini akan dilengkapi dengan bahan dasar yang tahan banting sehingga kuat digunakan di segala medan serta bakal bisa dikendalikan melalui remote control yang berada di bumi.

Para peneliti NASA yakin, jika suatu saat proyek drone ini berhasil, maka peneliti bisa mendapatkan informasi penting dan mempelajari bagian-bagian yang sulit dijangkau selama ini untuk kemajuan ilmu pengetahuan.

(brl/red)