Manusia bisa habiskan 3,5 hari hanya untuk mengurai kabel earphone

Manusia bisa habiskan 3,5 hari hanya untuk mengurai kabel earphone

Techno.id - Seberapa seringkah Anda menggunakan earphone dalam sehari? Jika jawabannya adalah sangat sering, maka kemungkinan Anda sudah menghabiskan sekitar 32 detik dalam sehari hanya untuk mengurai kabel earphone yang kusut.

Manusia bisa habiskan 3,5 hari hanya untuk mengurai kabel earphone

Ilustrasi earphone kusut
2016 aten.co/Edward Aten

Ya, menghitung hal ini memang tampak sangat sepele. Namun ketika dikalkulasikan ke dalam hitungan tahun, manusia ternyata menghabiskan sekitar 3,5 hari hanya untuk mengurai kabel earphone yang kusut. Cukup lama bukan?

Menurut sebuah posting oleh Edward Aten (21/01), ia mendapati angka tersebut sebagai kesimpulan saat melakukan perhitungan dengan teknik matematika. Lalu, seperti apa landasan awal Aten hingga angka akhir itu terbentuk?

Pertama, Aten menganggap bahwa setiap manusia akan mengurai kabel earphone mereka sebanyak empat kali dalam sehari. Dari keempat aktivitas itu, tiga di antaranya dilakukan dengan cepat (uraian mudah). Sementara satu sisanya adalah lambat.

Pertama, Aten menganggap bahwa setiap manusia akan mengurai kabel earphone sebanyak empat kali dalam sehari. Tiga di antaranya dilakukan dengan cepat (uraian mudah), sementara satu sisanya adalah lambat (uraian sulit).

Di uraian cepat, Aten memperkirakan setiap satu uraian membutuhkan waktu sekitar empat detik. Sedangkan yang uraian sulit membutuhkan sekitar 20 detik. Jika ditotal, maka angka keseluruhan dalam sehari adalah 32 detik.

Kedua, dalam satu minggu, Aten menganggap manusia akan menggunakan earphone selama enam hari. Dikombinasikan dengan earphone yang mulai dikenal sejak delapan tahun lalu, serta masa kerja selama 30 tahun (sebelum masa pensiun).

Hasilnya, Aten menemukan jika manusia membutuhkan waktu sekitar 299.520 detik untuk mengurai kabel, atau 4.992 menit, atau 83,2 jam. Jika dikonversikan ke dalam hitungan hari, maka manusia membutuhkan 3,5 hari hanya untuk mengurai kabel earphone.

(brl/red)