LG jalin kerja sama dengan Nokia soal hak kekayaan intelektual

LG jalin kerja sama dengan Nokia soal hak kekayaan intelektual

Techno.id - Predikat produsen ponsel legendaris yang melekat di Nokia bisa jadi tidaklah berlebihan. Pasalnya, meskipun produsen asal Swedia ini telah diakuisisi Microsoft dan tak lagi membuat ponsel, hak kekayaan intelektual berupa portfolio hasil karya Nokia terbukti masih diminati oleh vendor lain hingga sekarang.

Hal ini baru saja dibuktikan oleh Nokia melalui pengumumannya bahwa salah satu raksasa telekomunikasi Korea Selatan, LG Electronics, telah menyetujui sejumlah lisensi hak paten yang dimiliki oleh Nokia. Pengumuman tersebut menyebutkan, sebanyak kurang lebih 60 lisensi yang di dalamnya terdiri atas ponsel 2G, 3G, dan 4G milik Nokia telah diakuisisi oleh LG.

Lebih jauh, kedua belah pihak bahkan telah membeberkan rincian keuangan dari kesepakatan tersebut. Baik Nokia maupun LG Electronics sama-sama meyakini bahwa perjanjian ini akan mendatangkan keuntungan yang adil bagi kedua belah pihak.

"Kami sangat senang menyambut LG Electronics untuk program lisensi kami. Kami telah bekerja secara konstruktif dengan LG Electronics dan sama-sama menyetujui pendekatan yang saling menguntungkan. Perjanjian ini juga akan menentukan tempat untuk kerja sama lebih lanjut di masa depan," jelas Ramzi Haidamus selaku Presiden Nokia Technologies seperti dikutip AndroidAuthority (16/05/2015).

Dengan adanya perjanjian ini, maka LG Technologies ialah perusahaan telekomunikasi pertama yang telah mengambil bagian dalam program lisensi Nokia sejak diakuisisi oleh Microsoft.

(brl/red)