Intel EPID, "satpam" jaringan untuk Internet of Things

Intel EPID, "satpam" jaringan untuk Internet of Things

Techno.id - Teknologi Intel Enchanted Privacy ID atau disingkat dengan Intel EPID telah resmi diadopsi penggunaannya oleh Microchip Technology dan Atmel untuk pengamanan jaringan Internet of Things alias IoT. Selain kedua perusahaan teknologi tersebut, kabarnya sejumlah perusahaan akan bergabung dalam sebuah ekosistem di mana lebih dari 1,1 miliar sertifikat Intel EPID tersebar.

Intel EPID sendiri merupakan solusi cerdas untuk pengamanan jaringan pelaksanaan Internet of Things di masa depan. Intel EPID memungkinkan para developer atau pengembang membangun sebuah basis untuk kepercayaan, otentikasi, penyertaan untuk hubungan antar sistem, serta pengesahan akses data dan aktuasi. Solusi ini menggunakan identitas berbasis hardware yang menjadi bagian dari prosesor sama seperti halnya sidik jari seseorang. Selain itu, teknologi ini juga menawarkan anonimitas melalui identitas berbasis perangkat di mana verifikasi perangkat dilakukan berdasarkan kelompok dan bukan berdasarkan key private individual.

Teknologi terbaru Intel ini disebutkan dapat membantu melindungi informasi personal teridentifikasi pada perangkat yang saling terhubung, sebagai bagian dari aspek mendasar solusi IoT di masa depan. Contohnya, Intel EPID bisa digunakan untuk solusi otomotif pintar di mana sebuah mobil bisa terhubung dengan infrastruktur pintar menggunakan chip Intel EPID. Chip ini akan melakukan verifikasi apakah mobil tersebut merupakan bagian dari kelompok mobil yang memiliki akses atas fitur peringatan perubahan cahaya atau kedatangan kendaraan darurat, tanpa harus melakukan verifikasi terhadap informasi tertentu.

Intel EPID juga menawarkan lapisan keamanan tambahan untuk mengantisipasi insiden pelanggaran keamanan data dengan menyediakan cara yang mudah bagi pengelola sistem untuk mengatur kelompok dan izin penggunaan perangkat dalam pelaksanaan IoT. Dengan penggunaan Intel EPID pada cakupan yang lebih luas dari industri semi-konduktor, Intel berharap tingkat keamanan tinggi seperti ini bisa diakses dan tersedia secara luas.

Intel sendiri telah mengkontribusikan Intel EPID untuk ISO/IEC (20008 dan 20009) dan standar TCG.

(brl/red)