Intel akan buat Skylake tahan serangan hacker

Intel akan buat Skylake tahan serangan hacker

Techno.id - Baru-baru ini, Intel membuat gebrakan besar untuk CPU Skylake berikutnya yang akan diluncurkan pada bulan Oktober. CPU terbaru ini akan dibekali dengan peningkatan (SGX) Software Guard Extensions. Teknologi keamanan ini diberi tanda pengenal berupa nomor S-Spec dan MM, seperti yang disampaikan oleh News.Softpedia (3/10/15).

Software Guard Extensions ini pada dasarnya adalah seperangkat ekstensi x86 yang dirancang untuk meningkatkan keamanan perangkat lunak melalui mekanisme "inverse sandbox". Dengan cara ini, diharapkan Skylake dapat mengidentifikasi dan mengisolasi semua malware pada sebuah platform. Selain itu, untuk menekan sepak terjang hacker yang meresahkan.

Pertanyaannya sekarang, mengapa Intel tidak sejak dulu menyematkan SGX pada Skylake generasi pertama? Sebenarnya, SGX sudah diluncurkan sejak tahun 2013, akan tetapi Intel belum yakin dengan kemampuannya, jadi mereka mengembangkannya kembali.

Sayangnya, SGX ini tidak bisa aktif secara otomatis setelah CPU dipasang. Perangkat lunak ini hanya bisa aktif apabila didukung dengan prosesor compliant, sistem operasi, dan aplikasi. Jadi, untuk menggunakannya, Anda harus menunggu satu atau dua minggu sampai chip terbaru dari Intel tiba. Intel sendiri akan merilis SGX yang telah aktif pada tanggal 26 Oktober 2015.

(brl/red)