IBM pamerkan chip pertama berukuran 7 nm

IBM pamerkan chip pertama berukuran 7 nm

Techno.id - Baru-baru ini, (IBM) International Business Machines telah mengeluarkan chip dengan ukuran yang sangat kecil yakni 7 nm. Perangkat ini disinyalir menjadi chip pertama dengan ukuran 7 nm. Hebatnya lagi, chip ini dapat menampung 20 miliar transistor. Ya, chip milik IBM memang mempunyai keunggulan dapat menyimpan empat kali lebih banyak transistor dibanding chip yang ada pada komputer sekarang ini.

IBM pamerkan chip pertama berukuran 7 nm

Komposisi bahan yang diusung chip ini juga mengagumkan. Chip ini terbuat dari wafer yang mengadopsi gabungan silikon-germanium dan bukan silikon murni. Sejauh ini, chip terbaik masih dipegang oleh chip berukuran 14 nm milik Intel yang disematkan ke dalam komputer tradisional. Kemudian menyusul chipset Exynos 7420 yang digunakan di dalam ponsel Samsung Galaxy S6, seperti yang dilaporkan oleh PhoneArena (9/7/15).

IBM pamerkan chip pertama berukuran 7 nm

Ukuran mungil chip ini telah mengalahkan chip terkecil sebelumnya dengan ukuran 10 nm milik Intel. Menariknya, ukuran chip ini telah memicu beberapa kalangan untuk berlomba menciptakan chip serupa. Salah satu perusahaan yang sangat tertarik meniru perangkat ini adalah (TSMC) Taiwan Semiconductor Manufacturing Company. Kabarnya, perusahaan tersebut akan meluncurkan chip dengan ukuran 7 nm juga pada tahun 2017 mendatang.

(brl/red)