Hilangkan fitur kompres RAW, Sony A7SII & A7RII hasilkan foto bersih

Hilangkan fitur kompres RAW, Sony A7SII & A7RII hasilkan foto bersih

Techno.id - Beberapa waktu lalu, Sony merilis kamera mirrorless terbarunya. Bernama Alpha 7S Mark II, dan Alpha 7R Mark II. Kedua mirrorless ini dibekali banyak fitur pintar yang banyak dicari para pelaku fotografi. Namun ada 1 fitur penting yang dihilangkan dan membuat 2 kamera ini berbeda dengan mirrorless lainnya.

Seperti yang telah diberitakan oleh DIY Photography pada hari Rabu (23/09/15) lalu, 2 kamera ini tak mengkompres gambar yang dihasilkan jika Anda menggunakan format RAW. Lalu, apa pengaruhmya?

Hilangkan fitur kompres RAW, Sony A7SII & A7RII hasilkan foto bersih

Dari sisi ukuran jelas berpengaruh. Jika tak dikompres, gambar dengan format RAW akah berukuran 2 kali lebih besar dibanding RAW yang dikompres. Tapi dari sisi kualitas, gambar yang tak dikompres bakal menghilangkan noise yang mengganggu, yang artinya, membuat hasil foto semakin sempurna.

Perbedaan tersebut akan semakin tampak ketika Anda men-zoom hasil foto hingga beberapa kali. Noise yang biasanya tampak pada sisi luar objek memudar ketika hasil foto dengan format RAW tidak dikompres.

Akhirnya semua kembali pada pengguna, jika Anda membutuhkan detil foto tanpa noise, maka fitur yang dihilangkan pada kedua Sony Alpha ini akan sangat membantu. Namun jika Anda keberatan dengan ukuran file RAW yang membengkak 2 kali lipat, maka sebaiknya Anda menggunakan kamera yang bisa mengkompres foto RAW secara otomatis.

(brl/red)