Hexagon 680 DSP bantu lepaskan beban CPU dari chipset Snapdragon 820

Hexagon 680 DSP bantu lepaskan beban CPU dari chipset Snapdragon 820

Techno.id - Kemarin, Qualcomm telah berbicara panjang lebar di Konferensi Hot Chips tentang beberapa sistem utama dari chipset Snapdragon 820 yang akan datang. Obrolan menarik dari konferensi tersebut, Qualcomm bakal mendapat sistem-on-chip baru yang berfungsi untuk mengambil beberapa beban berat dari prosesor utama, Sistem yang bernama Hexagon 680 Digital Signal Processor (DSP) ini memungkinkan perangkat untuk menggunakan daya yang lebih kecil dan dapat menghemat baterai.

Hexagon 680 memiliki tiga bagian penting, yang pertama yakni membantu pemrosesan chip audio, gambar, suara, dan video. Hal ini akan membantu perangkat dalam mencerahkan daerah yang gelap untuk foto dan video dengan sebuah algoritma. Jadi Hexagon dapat membantu meningkatkan kinerja dari kedua realitas virtual dan aplikasi augmented reality, seperti yang disadur dari PhoneArena (24/8/15).

Kemudian yang kedua, Hexagon 680 DSP akan membantu memberikan energi untuk daya rendah menggunakan sensor dan fitur power always-on layaknya fitur pengenalan suara. Hal ini tak hanya dapat menghemat baterai saja, melainkan dapat meningkatkan performa dari CPU.

Terakhir, DSP ini dapat berperan sebagai modem yang menangani multimode, pembawa agregasi, dan konektivitas LTE. Melihat kemampuan Snapdragon 820 yang sudah ditingkatkan ini, chipset tersebut diharapkan dapat segera muncul di handset terbaru pada kuartal pertama tahun 2016. Smartphone pertama yang kemungkinan didukung dengan chipset Snapdragon 820 ialah Xiaomi Mi5.

(brl/red)