Google dipastikan bakal ikut ramaikan industri VR

Google dipastikan bakal ikut ramaikan industri VR

Techno.id - Bulan Januari lalu, sempat beredar kabar bahwa Google di tahun ini juga ingin meramaikan industri Virtual Reality (VR). Penyebabnya, konsep perangkat serupa Google Cardboard kala itu tengah beredar luas.

Kabar gembiranya, spekulasi terkait konsep tersebut akhirnya terjawab juga. Menurut seorang narasumber dari Financial Times (07/02), perangkat VR Google bahkan telah dijadwalkan untuk rilis di akhir 2016 mendatang.

Mengutip laman Engadget (07/02), perangkat VR baru dari Google ini ternyata bukan untuk disandingkan dengan Oculus Rift. Namun jika disejajarkan dengan Samsung Gear VR, maka jawabannya adalah rival berat.

Sebagai perbandingan, Oculus Rift merupakan teknologi VR yang sudah dilengkapi dengan monitor dan sensor mandiri. Sementara untuk VR baru Google diisukan masih membutuhkan bantuan smartphone layaknya Samsung Gear VR.

Secara sekilas, VR baru Google ini mungkin tampak seperti Google Cardboard yang tak mengalami banyak perubahan. Namun sebuah isu menariknya, VR baru Google ini akan dilengkapi dengan sistem operasi Android.

(brl/red)