Fujifilm Finepix X100T, mirrorless dengan hybrid viewfinder

Fujifilm Finepix X100T, mirrorless dengan hybrid viewfinder

Techno.id - Belakangan ini, kamera mirrorless memang sedang banyak digemari. Selain pertimbangan dimensi yang lebih kecil, namun kualitas gambar yang dihasilkan tak kalah dengan DSLR. Baru-baru ini, Fujifilm merilis mirrorless seri baru yang dilengkapi dengan viewfinder hybrid.

Seperti yang dilansir oleh DPREVIEW pada bulan Maret lalu, Fujifilm Finepix X100T dilengkapi lensa fix 23mm dengan bukaan diafragma yang cukup besar, yaitu f/2. Masih dipersenjatai sensor X-Trans CMOS II 16 MP, ada sesuatu yang baru pada kamera mirrorless rilisan Fujifilm ini.

X100T juga dipersenjatai dengan Hybrid EVF dengan 2.3m dot LCD. EVF atau Electronic Viewfinder adalah teknologi baru dalam dunia fotografi. Gambaran singkatnya adalah, objek yang ditangkap oleh lensa, diproyeksikan secara elektronik pada mata sang fotografer.

Fujifilm Finepix X100T, mirrorless dengan hybrid viewfinder

Tentu saja, tujuan dari teknologi ini adalah agar kualitas gambar yang diambil lebih bagus lagi dengan mengurangi angka kesalahan. Jika diperhatikan akan lebih mirip dengan membidik melalui live preview, dengan tingkat akurasi kepekaan cahaya yang lebih tajam.

Sebenarnya teknologi ini sudah banyak diterapkan oleh video recorder seperti Panasonic, Sony, dan Fujifilm. Namun dalam dunia fotografi, tentu saja teknologi ini sangat membantu. Anda akan mampu membidik dalam kondisi cahaya apapun, tak seperti viewfinder konvensional yang menangkap cahaya apa adanya.

Nah, jika Anda lebih suka mengambil gambar dengan cahaya sangat minim atau lebih suka memotret di malam hari, kamera mirrorless yang satu ini bisa jadi pilihan.

(brl/red)