Fitur apa yang diusung Canon EOS 1D X Mark II?

Fitur apa yang diusung Canon EOS 1D X Mark II?

Techno.id - Bicara soal kamera DSLR memang takkan ada habisnya. Meski pasar mirrorless sedang ramai dan ranah kamera saku mulai kembali menggeliat bangun, kamera mirrorless tetap saja digemari dan jadi incaran para fotografer profesional.

Salah satu varian yang bisa dibilang 'legend' adalah Canon EOS 1D. Seperti yang dilansir oleh DIY Photography pada hari Senin (12/10/15) lalu, Canon kembali mengeluarkan seri pro ini dengan nama EOS 1D X Mark II. Apa saja kelebihannya jika dibanding seri terdahulu?

EOS 1D X Mark II rencananya bakal dirilis ke pasaran pada caturwulan pertama 2016 nanti. Kamera ini akan bersaing dengan Nikon D5 yang juga dibekali dengan banyak fitur baru.

Fitur apa yang diusung Canon EOS 1D X Mark II?

Untuk image sensor, ternyata besutan Canon ini hanya mengalami peningkatan yang tak terlalu signifikan. Dari 18,1 ke 20,2MP, dan masih tetap menggunakan CMOS sensor, tanpa QIS sensor. Hanya itu saja?

EOS 1D X Mark II memiliki frame rate 16fps ketika menggunakan AF, dan bisa mencapai 60fps pada menu Live View. Satu hal yang cukup membelalakkan mata adalah sistem autofocus-nya. Kamera ini hanya memiliki 61 AF points, sedangkan EOS 7D Mark II saja sudah memiliki 65 AF points.

Penambahan fitur GPS dan Wi-Fi adalah perlengkapan standar kamera masa kini. Begitu juga dengan LCD touchscreen yang diusungnya. Meski demikian, kamera legend ini masih jadi incaran dan buruan para fotografer, terutama mereka yang hobi mengkoleksi kamera premium dengan harga selangit.

(brl/red)