Epson PaperLab ubah kertas bekas jadi kertas putih mulus

Epson PaperLab ubah kertas bekas jadi kertas putih mulus

Techno.id - Kebanyakan kantor, sekolah, kampus, dan rumah tangga menghasilkan limbah kertas yang tak terkira jumlahnya. Untuk mengatasinya, Epson menghadirkan mesin daur ulang kertas yang luar biasa. Mesin daur ulang yang diberi nama PaperLab ini dapat menyulap kertas bekas menjadi kertas baru putih mulus.

Pengguna cukup memasukkan tumpukan kertas bekas ke dalam mesin PaperLab, maka seketika itu juga kertas akan dicacah kecil-kecil dan diubah kembali menjadi kertas yang baru. Sayangnya, Epson tidak mengungkap secara detail bagaimana cara kerja mesinnya.

Epson hanya mengatakan bahwa mesin ini tidak memerlukan banyak air untuk proses daur ulang. Epson membutuhkan sedikit air untuk menjaga tingkat kelembaban saja. Namun, kertas-kertas tadi tetap mendapatkan perlakuan fiberizing, pengikatan, dan pembentukan kertas.

Epson PaperLab bisa dibilang menakjubkan karena mesin daur ulang ini bisa diletakkan di kantor. Lebih mengagumkan lagi karena mesin dapat menghasilkan 14 lembar kertas A4 dalam waktu satu menit. Bahkan, Epson PaperLab juga bisa menghasilkan kertas A3, kertas tebal untuk kartu nama, serta kertas berwarna yang wangi.

Saat ini, prototipe Epson PaperLab sudah dipamerkan di Eco-Products, Tokyo. Epson juga menyatakan akan segera memproduksinya secara massal. Mereka berharap tahun ini PaperLab bisa dikomersilkan, seperti yang disampaikan oleh GreenOptimistic (25/01/2016).

(brl/red)