DJI luncurkan dua kamera built-in khusus drone

DJI luncurkan dua kamera built-in khusus drone

Techno.id - Produsen drone terbesar di dunia, DJI baru saja meluncurkan dua kamera built-in terbarunya yang khusus dirancang untuk drone high-end rancangannya, Inspire. Uniknya, dua kamera yang diluncurkan ini, Zenmuse X5 dan X5R adalah kamera mikro built-in pertama yang khusus dirancang untuk digunakan di udara.

Seperti dikutip dari TechCrunch (10/9/15), dua kamera ini menawarkan resolusi hingga 16MP dan kemampuan membidik objek pada 24fps serta 30fps untuk video dengan resolusi 4k maupun resolusi standar. Selain itu, kamera mikro built-in juga akan mengusung empat lensa wide-angle dari DJI maupun produsen lainnya seperti Panasonic dan Olympus serta didukung dengan gimbal Zenmuse khusus dari DJI.

Erich Chen, Direktur DJI pada peluncuran yang dilakukan di konferensi InterDrone, Las Vegas mengungkapkan bahwa salah satu keuntungan yang bisa didapat pengguna saat menggunakan kamera ini adalah sensor yang lebih besar ketimbang menggunakan kamera standar dari DJI lainnya. Selain itu, menurut Chen, pihaknya juga akan menawarkan sistem wireless follow focus dengan hardware plugin pada remote Inspire.

DJI luncurkan dua kamera built-in khusus drone DJI Zenmuse seri X5 2015 DJI

Meski mengusung sensor dan kompatibilitas lensa yang hampir sama, kabarnya seri X5R akan dibekali dengan fitur tambahan lainnya. Adapun fitur-fitur tersebut antara lain dukungan untuk SSD removable 512GB yang terletak di atas gimbal untuk merekam video lossless 4k dengan bitrate 1,7Gbps. Selain lossless 4K, X5R dikabarkan juga bisa menangkap video terkompresi. File tersebut kabarnya akan disimpan pada kartu SD terpisah.

Untuk mendapatkan kamera ini kabarnya konsumen harus merogoh kocek sedikit lebih dalam yakni sekitar Rp31,5 jutaan untuk kamera seri X5 dan Rp103 jutaan untuk seri X5R. Sementara untuk kamera X5 dengan lensa 15mm F1.7 yang telah terpasang pada Inspire 1 drone, DJI dikabarkan membanderolnya dengan harga Rp64,4 jutaan.

Mengenai ketersediaannya, kabarnya kamera X5 bakal segera menyapa pasar pada akhir bulan ini, sedangkan seri X5R baru akan dirilis pada kuartal keempat tahun 2015.

(brl/red)