Di usianya yang kelima, iPad sudah berikan 5 manfaat ini untuk manusia

Di usianya yang kelima, iPad sudah berikan 5 manfaat ini untuk manusia

Techno.id - Tidak terasa, sudah lima tahun berlalu semenjak iPad pertama kali diperkenalkan pada publik. Menurut tim Techno.id, gadget ini sangat layak untuk menyandang gelar "fenomenal", mengingat sejak kemunculannya pada 3 April 2010, banyak hal yang telah berubah di dunia ini.

Tak percaya? Berikut kelima di antaranya:

1. Menumbuhsuburkan industri tablet
Ini adalah fakta terjelas pasca peluncuran iPad. Gara-gara peranti yang satu ini, vendor kelas atas mulai dari Amazon, Google, Samsung, bahkan Microsoft, pun berlomba-lomba meramaikan bursa tablet.

Apakah persaingan ini merugikan masyarakat? Jawabannya tidak juga. Pasalnya, tanpa adanya iPad dan kesuksesan yang diraihnya, pasar dan industri tablet tidak akan pernah berkembang, semeriah, serta seinovatif sekarang.

2. Industri komik berdenyut lagi
Lesunya penjualan komik beberapa tahun lalu akhirnya menemui jalan keluar. Ya, berkat peran iPad, kini komik kembali diburu dan dibeli, terutama versi digitalnya.

Jasa iPad bagi industri komik, tidak lain dan tidak bukan, adalah berkat layarnya yang lebih luas daripada smartphone. Dengan layar seluas 10 inci, pengguna iPad pastinya akan terbantu saat membaca komik dan menikmati goresan karya sang komikus. Plus, siapa yang tak tergiur dengan fleksibilitas yang ditawarkan iPad?

3. Mendongkrak bisnis kecil dan menengah
Penggunaan iPad di cafe, restoran, dan toko untuk sekadar mencatat pesanan atau memroses pembayaran menjadi sangat lumrah dewasa ini.

Harganya yang terjangkau, tampilannya yang apik, serta beragamnya aplikasi yang bisa dimanfaatkan hanyalah segelintir dari manfaat iPad untuk bisnis. Dengan memanfaatkan gadget modern seperti iPad, rasanya menuai kepercayaan dan kekaguman dari konsumen menjadi jauh lebih mudah.

4. Memudahkan proses belajar
Hampir sama seperti pemanfaatan iPad untuk membaca komik, iPad nyatanya juga bisa dimanfaatkan untuk membaca buku pelajaran. Di Apple App Store saja, ada setumpuk buku-buku yang bisa memperkaya wawasan. Belum lagi buku sekolah yang didigitalisasi, seperti Buku Sekolah Elektronik (BSE), semakin menjamur.

Selain mengandalkan e-book, para pelajar sebenarnya dapat mengeksploitasi iPad miliknya lebih jauh, misalnya dengan mengunduh aplikasi dan game edukatif.

5. Membuat industri aviasi semakin terpercaya
Di udara, iPad juga punya andil yang besar terhadap perubahan hajat umat manusia. Ya, Anda perlu tahu bahwa pilot yang sedang menerbangkan pesawat pun membutuhkan iPad.

Penggunaannya cukup beragam, tetapi contoh sederhananya ialah pilot tak perlu lagi membawa peta atau buku yang berhubungan dengan profesinya. iPad yang terkoneksi dengan internet juga bisa dimanfaatkan untuk menggali informasi terkait penerbangan lewat aplikasi khusus, misalnya ForeFlight.

Itulah sedikit alasan mengapa Anda perlu bersyukur bahwa iPad pernah diciptakan di dunia ini seperti dilansir oleh TrustedReviews (3/4/15).

(brl/red)