CF card vs XQD card, mana yang lebih cepat untuk menyimpan foto?

CF card vs XQD card, mana yang lebih cepat untuk menyimpan foto?

Techno.id - Berita tentang XQD card telah banyak beredar di berbagai media. Selain menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, XQD juga dibekali kemampuan untuk menyimpan data dengan kecepatan jauh lebih tinggi, terutama saat digunakan untuk tugas berat seperti memotret.

Bicara soal memotret, sebuah uji coba telah dilakukan untuk membandingkan kecepatan CF card dengan XQD. Mengapa CF card? Karena banyak kamera premium yang masih menggunakan storage ini. Lalu, bagaimana cara mengujinya?

CF card vs XQD card, mana yang lebih cepat untuk menyimpan foto?

Uji coba CF card vs XQD card pada Nikon D4s
2016 diyphotography.net/diyphotography.net

Seperti yang telah diberitakan oleh DIY Photography pada hari Jumat (29/01/16) lalu, kedua storage ini dipasangkan pada kamera Nikon D4s. Video terbagi atas 2 bagian, di sebelah kiri masih menggunakan CF card dengan kecepatan rata-rata 160Mbps, dan di sebelah kanan menggunakan Sony XQD card dengan kecepatan rata-rata 400Mbps.

Jika Anda menganggap bahwa kecepatan yang tertulis tersebut hanyalah sebuah teori, maka ada baiknya Anda menyimak video berikut ini. Setelah diuji coba, terbukti bahwa pada kecepatan 11fps, XQD mampu menyimpan 200 foto.

Sementara jika masih menggunakan CF card, pada kecepatan yang sama, storage ini hanya mampu menyimpan 110 foto saja. Demikian juga halnya saat dicoba menggunakan metode lain. Untuk lebih jelasnya, simak saja video berikut ini...

(brl/red)