Cara mengembalikan data yang terhapus di iPhone

Cara mengembalikan data yang terhapus di iPhone

Techno.id - Kehilangan data di perangkat smartphone sudah menjadi hal yang biasa dan sering kali dialami oleh beberapa pengguna. Apalagi kalau kehilangan data karena terhapus tanpa sengaja atau karena kesalahan sistem. Semua bisa saja terjadi, namun masalahnya, bila data sudah hilang seperti itu, adakah cara untuk mengembalikannya?

Ya, jika Anda menggunakan perangkat iPhone, maka Anda berkesempatan untuk mengembalikan data-data yang terhapus tadi. Bagaimana caranya? Anda bisa memanfaatkan layanan backup otomatis yang biasa dilakukan oleh iCloud. Layanan penyimpanan awan ini telah menjamin bahwa data-data Anda tetap aman walau sudah terhapus dari iPhone.

Anda bisa mengembalikan beberapa data yang terhapus, seperti kontak, kalender acara, pengingat, dan lain-lain. Selain itu, agar lebih cepat, Anda dapat menggunakan layanan pemulihan data melalui iCloud versi web. Pasalnya, jika memakai iCloud versi iPhone bakal membutuhkan waktu yang cukup lama.

Berikut cara sederhana mengembalikan data yang terhapus di iPhone melalui iCloud versi web, seperti yang dilaporkan oleh WonderHowTo (18/11/2015).

Buka browser desktop Anda dan masukkan link iCloud.com. Setelah itu, Anda bisa menginputkan identitas dari Apple ID serta password Anda.

Buka pengaturan, kemudian langsung memilih menu Advanced pada halaman di bagian kiri bawah. Di sana, Anda nanti akan menemukan tiga fitur, di antaranya restore files, restore contacts, restore calender dan reminders.

Setelah menentukan mana data yang akan dikembalikan, maka Anda akan disuguhi tampilan arsip backup dari waktu ke waktu. Bahkan, Anda dipersilakan melakukan restore untuk arsip data beberapa bulan yang lalu. Kemudian, Anda dapat memilih tanggal berapa arsip backup yang akan di-restore.

Jika sudah melakukan restore, Anda akan menerima konfirmasi yang memberitahukan bahwa data Anda sudah berhasil dikembalikan ke iPhone. Dengan begitu, data-data Anda yang hilang akan kembali seperti sedia kala.

(brl/red)