Buat terobosan, DJI rilis komputer mini untuk drone

Buat terobosan, DJI rilis komputer mini untuk drone

Techno.id - DJI, produsen drone atau pesawat tanpa awak kelas dunia baru-baru ini mengumumkan produk terbarunya yang diberi nama Manifold. Manifold merupakan komputer mini yang kabarnya dapat dipasang ke badan drone untuk mengoptimalkan aplikasi pengamatan atau penelitian sebuah kawasan atau wilayah geografis.

Menggandeng Canonical, entitas perusahaan di balik distribusi Ubuntu Linux, sistem Manifold kabarnya akan didasarkan pada Ubuntu 14.04 LTS dan juga mengusung prosesor quad-core ARM cortex A-15. Selain itu, Manifold juga akan dibekali dengan GPU berbasis NVIDIA Kepler yang ditujukan untuk pengolahan citra serta dukungan USB, ethernet, HDMI, dan beberapa port pendukung lainnya.

Buat terobosan, DJI rilis komputer mini untuk drone

Seperti dikutip dari TheNextWeb (2/11/15), Manifold dilaporkan juga sepenuhnya kompatibel dengan seluruh host sensor pihak ketiga seperti kamera inframerah, sensor udara, peralatan survei geografis, dan perangkat penelitian lainnya.

"Dengan Manifold, kita akan memasuki era baru yang lebih cerdas, platform aerial yang lebih cepat dan lebih kuat. Manifold merupakan bentuk nyata dari kerja sama antara teknologi dengan pesawat tanpa awak untuk memecahkan masalah kompleks yang biasa terjadi saat di lapangan," jelas Michael Perry, direktur DJI.

Sayangnya, komputer mini ini sepertinya hanya akan kompatibel dengan drone Matrice 100 besutan DJI saja, mengingat ukuran serta hardware dan sensor yang digunakan lebih cocok dengan drone seharga Rp45 jutaan tersebut.

(brl/red)