Bioo Lite, pot tanaman yang bisa isi daya baterai smartphone Anda

Bioo Lite, pot tanaman yang bisa isi daya baterai smartphone Anda

Techno.id - Jangan kaget jika dalam waktu dekat, sebuah pot berisi tanaman bisa mengisi daya baterai smartphone Anda. Ya, sebuah pot khusus bernama Bioo Lite diklaim dapat memanfaatkan energi alami yang dihasilkan oleh tanaman untuk mengisi daya baterai smartphone atau gadget lainnya milik Anda.

Arkyne Technology, perusahaan asal Barcelona yang berada di balik proyek ini mengungkapkan bahwa terobosan yang dilakukannya ini didasarkan pada proses penting fotosintesis tanaman yang terjadi di pot khusus. Karena mengandalkan proses alami, maka listrik yang dihasilkan oleh pot pun tidak terlampau besar.

Sebagaimana dilansir oleh AndroidCommunity (25/4/16), pot dilaporkan dapat menghasilkan 3,5volt dan 500miliamps listrik saja dan hanya bisa melakukan pengisian 3 gadget saja dalam sehari. Namun soal berapa lama waktu pengisian dengan menggunakan Bioo Lite ini, pihak Arkyne tidak bisa menentukan karena menurut mereka semua tergantung pada jenis tanaman, proses fotosintesis yang terjadi, dan juga kapasitas daya baterai smartphone atau gadget yang diisi.

Saat ini, perangkat Bioo Lite ini masih dalam tahap pengumpulan dana via situs IndieGoGo. Jika telah siap diproduksi, kemungkinan perangkat Bioo Lite akan dilepas dengan harga Rp1,5 jutaan ke pasaran.

Bioo Lite, pot tanaman yang bisa isi daya baterai smartphone Anda

Cara kerja pot Bioo lite saat mengisi daya smartphone
2016 IndieGoGo/Arkyne Technology

(brl/red)