Beredar video ponsel Ubuntu dijalankan dari desktop

Beredar video ponsel Ubuntu dijalankan dari desktop

Techno.id - Bicara soal ponsel pintar berbasis Ubuntu Touch, mungkin akan terdengar lebih asing daripada Android atau iOS. Namun secara logika, akan lebih asing lagi jika ponsel Ubuntu Touch itu dapat dijalankan dari perangkat desktop bukan?

Ya, setidaknya hal tersebut baru saja diabadikan oleh Michael Hall, seorang programmer Ubuntu melalui sebuah video berdurasi satu menit miliknya. Dalam videonya, ponsel itu terlihat tengah menggunakan User Interface (UI) bernama Unity 8.

Adapun Unity 8 sendiri adalah sebuah software desktop berbasis Ubuntu yang saat ini masih dalam tahap pengembangan. Untuk mempermudah gambaran, Unity 8 sejenis dengan MIUI yang dikembangkan oleh produsen smartphone asal Tiongkok, Huawei.

Kembali ke video, disebutkan bahwa Hall memanfaatkan mouse bluetooth sebagai alat penghubung dengan ponsel Ubuntu Touch. Sebagaimana dikutip dari Softpedia (02/10), selanjutnya Unity 8 secara otomatis berubah menjadi mode desktop.

Dalam videonya, Hall juga sempat mendemokan ponsel Ubuntu Touch menjalankan beberapa aplikasi yang biasanya dijalankan di perangkat desktop Ubuntu. Contoh sederhananya seperti menjalankan fitur maximize dan minimize layaknya sebuah PC atau laptop.

Yang tak kalah menarik, ponsel Unity 8 disebutkan juga mendukung mode ketik dengan keyboard bluetooth. Sedangkan untuk mematikan dan kembali ke dalam mode ponsel (dari mode desktop), cukup dengan mematikan konektivitas bluetooth saja.

Belum diketahui secara pasti tujuan programmer Ubuntu tersebut mengunggah video ini. Namun yang jelas, ia boleh dikatakan sukses dalam menciptakan inovasi baru khususnya di dunia ponsel berbasis Ubuntu.

Berikut videonya:

(brl/red)