Berapa kapasitas RAM yang ideal untuk PC game?

Berapa kapasitas RAM yang ideal untuk PC game?

Techno.id - Begitu banyak penggemar permainan game di PC. Namun, untuk memainkan sebuah game di PC terkadang Anda harus mempunyai spesifikasi komputer yang mumpuni, terutama kapasitas memori RAM. Beberapa kalangan mengatakan bahwa permainan di PC dapat dijalankan dengan lancar apabila menggunakan RAM berkapasitas 8GM.

Apakah harus sebesar itu? Ya, hal itu memang benar, RAM 8GB sudah pasti menawarkan permainan yang sangat mengagumkan tanpa gangguan sama sekali. Namun, tidak semua game besar membutuhkan spesifikasi RAM sebesar itu, seperti yang disadur dari DigitalTrends (19/8/15).

Grand Theft Auto V misalnya, game yang satu ini sudah bisa berjalan lancar walau hanya dibekali dengan RAM 4GB. Temuan mencengangkan ini sudah diteliti oleh TechSpot melalui aplikasi benchmark. Mereka menguji tiga kapasitas varian RAM yaitu 4GB, 8GB, dan 16GB.

Jika uji benchmark sudah lolos, ternyata pada pengujian waktu menggunakan Adobe Premier CC, pemakaian RAM 4GB cukup mengalami kendala karena kinerja PC menurun hingga 40 persen. Sedangkan untuk RAM 8GB dan 16GB tidak mengalami perubahan sama sekali.

Kendati demikian, semuanya juga tergantung dari bagaimana Anda menggunakan sebuah PC. Jika hanya dipakai untuk mengerjakan tugas atau permainan mungkin menggunakan RAM 8GB terlalu besar. Pasalnya, RAM 4GB saja sudah memadai berbagai aktivitas Anda.

(brl/red)