'Batu ajaib' penangkal serangan cyber

'Batu ajaib' penangkal serangan cyber

Techno.id - Awal tahun ini, sebuah study HP telah menemukan bahwa semua sistem yang terhubung dengan smart home mempunyai sistem keamanan yang lemah. Hal ini membuat para hacker bisa leluasa dalam meretas rumah seseorang. Nah, karena alasan inilah perusahaan Dojo Labs memperkenalkan perangkat keamanan bernama Dojo.

Pertama kali melihatnya, mungkin semua orang akan menganggap Dojo ini sebuah batu biasa. Padahal, Dojo merupakan perangkat pintar yang dapat mengamankan seluruh peralatan smart home di rumah Anda. Perangkat ini terhubung dengan router dan mampu mengakses semua jaringan perangkat Anda.

Bila semua peralatan dianggap aman, maka Dojo akan memberikan pemberitahuan dengan lampu berkedip warna hijau. Jika, Dojo berwarna orange, berarti ada sesuatu (gangguan) yang terjadi dan hal itu bisa diatasi oleh sistem. Namun, apabila Dojo berubah menjadi warna merah, berarti ada gangguan berbahaya atau serangan cyber yang membutuhkan campur tangan Anda.

Menariknya, perangkat yang bisa dibilang sebagai batu ajaib ini juga dapat membedakan mana gangguan dari hacker atau gangguan dari keluarga Anda. Teknologi seperti ini dianggap penting, karena setiap pemberitahuan bisa saja sebuah gangguan palsu dari keluarga dan bukan kejahatan dari hacker. Jadi, untuk menanggulangi hal itu, Anda bisa memberikan hak akses kepada keluarga agar mereka tidak dianggap gangguan berbahaya oleh Dojo.

Pemberitahuan yang dilaporkan Dojo tadi akan dikirimkan pada smartphone Anda dalam bentuk pesan chatting. Dari situ, Anda dapat memastikan bahwa semua perangkat Anda dalam keadaan aman, seperti yang dilansir oleh DigitalTrends (19/11/2015).

Jika Anda berminat membeli batu ajaib ini, Anda bisa memesannya dulu dari Amazon dengan harga sekitar Rp 1,36 juta. Harga ini sudah termasuk layanan keamanan dari perusahaan selama satu tahun. Setelah itu, layanan akan dikenakan biaya bulanan antara Rp 100.000 hingga Rp 137.000 (tergantung pembayaran secara bulanan, triwulan, atau tahunan). Rencananya, Dojo akan dipasarkan pada 8 Maret 2016.

(brl/red)