Apple serius hapus jack 3,5mm di iPhone 7, ini alasannya

Apple serius hapus jack 3,5mm di iPhone 7, ini alasannya

Techno.id - November 2015 lalu, sudah berhembus rumor bahwa jack headphone universal bakal dihapus dari iPhone 7. Kini, kebenaran soal kabar itu pun semakin tampak.

Seorang narasumber yang mengaku mengetahui rencana Apple membenarkan isu tersebut pada FastCompany.com (07/01/16). Menurutnya, penghapusan jack 3,5mm ini bertujuan agar bodi iPhone 7 bisa lebih tipis dari iPhone 6 dan 6s.

Sebagai gantinya, Apple kemungkinan akan menyediakan headphone yang bisa terkoneksi lewat port Lightning alias port yang biasa digunakan untuk mengisi daya atau mengoneksikan iPhone dengan laptop. Untuk merealisasikannya, raksasa Cupertino itu dikatakan sudah menjalin kerja sama dengan supplier komponen Cirrus Logic. Di samping itu, menggunakan headphone wireless pun bisa menjadi pilihan alternatif bagi pengguna iPhone 7 nanti.

Narasumber yang sama turut menyebut jika iPhone next-gen ini bakal memiliki bodi anti-air dan mendukung wireless charging. Nampaknya, Apple tak ingin ketinggalan dengan Sony dengan ponsel waterproof Xperia Z3+ atau Samsung Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge+ yang sudah bisa mengisi daya baterai tanpa kabel.

Hal ini pun diharapkan bisa menjawab penolakan pengguna iPhone atas penghapusan universal jack 3,5mm. Sebab sebelum muncul rumor adanya fitur wireless charging ini, banyak user yang takut tak lagi bisa mendengarkan lagu lewat headphone saat ponsel sedang diisi dayanya.

Kalau menurut Anda bagaimana ?

(brl/red)