Apakah sistem keamanan BlackBerry sudah mulai luntur?

Apakah sistem keamanan BlackBerry sudah mulai luntur?

Techno.id - BlackBerry merupakan salah satu ponsel dengan sistem keamanan tingkat tinggi. Bahkan, para pegawai pemerintahan menggunakan perangkat BlackBerry untuk menghindari adanya tindakan peretasan

Namun sayang, nampaknya label keamanan ponsel terbaik ini tak akan bertahan lama. BlackBerry PGP yang dikenal memiliki keamanan email terenkripsi justru dapat ditembus oleh pihak kepolisian Belanda, seperti yang disadur dari TechTimes (12/01/2016).

Netherlands Forensic Institute (NFI) telah merilis sebuah laporan bahwa data enkripsi dari ponsel BlackBerry memiliki celah keamanan yang dapat dijadikan pintu masuk kelompok kriminal untuk melancarkan aksinya dalam melakukan peretasan.

"Kami mampu memperoleh data dienkripsi dari perangkat BlackBerry PGP," kata Turscha Essed, juru bicara NFI. NFI sendiri adalah sebuah lembaga penegak hukum di Belanda yang tugasnya mencari bukti forensik dari kasus kriminal di negara tersebut.

Keahlian mereka dalam mencari bukti forensik tadi, mengantarkan NFI ke pintu masuk celah keamanan BlackBerry PGP. Bahkan, berita tentang sepak terjang NFI pernah dilaporkan pada sebuah blog di Belanda bernama Misdaadnieuws.

Blog tersebut mengungkap bahwa NFI pernah memulihkan email terenkripsi yang sudah dihapus di BlackBerry PGP. Menurut berita tersebut, proses pemulian email ini membutuhkan software yang dibuat oleh Cellebrite (perusahaan swasta di Israel). Namun, tidak semua email terenkripsi dapat dipulihkan. Dari 325 email, hanya 279 yang dapat diterjemahkan oleh pemerintah Belanda.

Ketika hal ini ditanyakan pada vendor PGP yang memiliki layanan email enkripsi, mereka hanya berdalih bahwa ponsel BlackBerry mereka 100 persen aman. Pihak PDP juga mengatakan bahwa layanan mereka sangat aman dan tidak pernah ada penyusup.

(brl/red)