Amazon tak jualan hoverboard Swagway lagi

Amazon tak jualan hoverboard Swagway lagi

Techno.id - Amazon secara diam-diam menghapus Swagway dari daftar penjualannya. Salah satu hoverboard paling populer di pasaran ini telah dihapus karena teridentifikasi sebagai merek hoverboard penyebab terjadinya kebakaran di salah satu rumah di Chappaqua, New York.

Tepatnya Sabtu kemarin, merek Swagway sudah tidak ada di jajaran merek hoverboard di situs Amazon. Sebelum penghapusan tersebut, pada Jumat malam Amazon mengirimkan semacam peringatan kepada seluruh penjual hoverboard. Intinya, Amazon meminta kepada penjual agar mereka memberikan produk sesuai standar keselamatan yang berlaku.

Juru bicara dari perusahaan Swagway sempat tidak terima karena hanya produknya yang dihapus dari daftar. Padahal, produk hoverboard miliknya telah memenuhi semua standar keselamatan, termasuk PBB 38,3 (baterai), UL 1642 (baterai), dan UL 60950-1 (charger).

"Swagway sudah memenuhi semua sertifikasi tersebut dan kami senang Amazon telah memutuskan untuk menyingkirkan hoverboard kualitas rendah tersebut," kata juru bicara Swagway, seperti yang dilansir oleh TheVerge(12/12/2015).

Mungkin langkah yang diambil Amazon berkaitan dengan kontroversi kejadian meledaknya Swagway di suatu rumah. Selain itu, kelihatannya Amazon khawatir jika Swagway dijadikan hadiah Natal yang dapat membahayakan pembeli. Meski demikian, para pembeli masih dapat menemukan berbagai merek hoverboard alternatif di Amazon, seperti Razor Hovertrax, Jetson, dan Hover X.

Lebih lanjut, Swagway juga berkilah bahwa saat ini banyak sekali hoverboard tiruan murah yang menggunakan logo mereka. Sehingga banyak pelanggan yang terpikat untuk membeli hoverboard tersebut. Namun menurut pemadam kebakaran setempat, hoverboard yang terbakar di Chappaqua, New York adalah hoverboard Swagway yang dibeli dari pengecer resmi.

Setelah kontroversi tentang meledaknya hoveboard berakhir, belum lama ini (16/12/2015), Amazon kembali memasukkan beberapa hoveboard, termasuk Swagway ke dalam daftar belanjaannya. Menurut Best Reviews, kembalinya Swagway ke Amazon karena perusahaan Swagway telah berhasil membuktikan bahwa hoveboard mereka aman untuk para konsumen.

Amazon tak jualan hoverboard Swagway lagi

(brl/red)