Amazon pamerkan drone baru untuk berkirim barang

Amazon pamerkan drone baru untuk berkirim barang

Techno.id - Tahun 2013 silam, Amazon resmi meluncurkan program bertajuk Amazon Prime Air. Pada intinya, program ini merupakan metode pengiriman barang menggunakan pesawat tanpa awak alias drone. Kala itu, teknologi drone masih terbatas oleh jarak tempuh yang pendek berikut ukuran paket yang kecil.

Kabar gembiranya, raksasa online shop itu baru saja memamerkan sebuah pengembangan dari program tersebut. Pengembangan ini, tak lain adalah teknologi drone yang dapat mengirim barang lebih cepat dengan jarak tempuh yang lebih jauh.

Hal menariknya, drone baru Amazon Prime Air ini memiliki desain yang tak umum. Namun, ia diklaim memiliki fleksibilitas lebih tinggi karena dapat terbang secara vertikal seperti helikopter, dan berjalan secara horisontal seperti pesawat terbang.

Sebagaimana dikutip dari TechCrunch (29/11), drone baru Amazon ini dikatakan mempunyai jarak tempuh sejauh 15 mil (24 kilometer) dengan kecepatan rata-rata hingga 55 mil per jam (24 kilometer per jam). Sementara itu, drone ini juga telah dibekali dengan beberapa pembaruan teknologi.

"Desain ini memungkinkan drone tersebut untuk dapat terbang jarak jauh secara efisien, serta naik (take off) dan turun (landing) dengan aman. Ini adalah salah satu dari banyak prototipe (drone) yang pernah kami kembangkan," ujar juru bicara Amazon.

Penasaran dengan wujud drone baru Amazon Prime Air? Berikut video iklannya yang dipromosikan oleh host Top Gear, Jeremy Clarkson.

(brl/red)