Waspada, seribu lebih aplikasi Android rentan terserang FREAK!

Waspada, seribu lebih aplikasi Android rentan terserang FREAK!

Techno.id - Siapa sangka ternyata lebih dari 1.200 aplikasi Android masih rentan terhadap serangan FREAK. Parahnya, aplikasi yang rentan terserang bug ini adalah aplikasi Android yang telah di download 6,3 miliar kali dari Google Play Store.

Penelitian yang dipublikasikan oleh perusahaan keamanan jaringan FireEye ini, menunjukkan betapa rentannya smartphone Android terhadap bug yang menyebabkan lemahnya protokol enkripsi karena serangan terhadap sistem operasi untuk server dan aplikasi ini. Bahkan menurut FireEye, setelah Google mengeluarkan patch (software untuk menambal bug), aplikasi untuk smartphone Andorid masih rentan terhadap serangan FREAK.

Dilansir oleh CNET (18/3/15), Yulong Zhang, Hui Xue, Tao Wei, dan Chen Zhaofeng, para peneliti dari FireEye menyatakan bahwa 11,2% dari total 10.985 aplikasi paling populer di Google Play Store, masih rentan terhadap bug. Hal ini dikarenakan aplikasi-aplikasi tersebut masih menggunakan perpustakaan OpenSSL untuk terhubung ke server HTTPS. Secara total, 664 dari aplikasi di Android ini menggunakan paket perpustakaan OpenSSL Andorid dan 554 mengandalkan perpustakaan kustom yang rentan terhadap serangan bug, terutama FREAK.

Para peneliti FireEye menjelaskan, serangan FREAK ini dapat mengacaukan sistem deskripsi sebuah aplikasi dan 'mencuri' informasi sensitif yang tersimpan dalam ponsel pintar Anda. Contohnya, serangan FREAK pada aplikasi berbelanja online dapat menyebabkan hilang atau dicurinya informasi serta kredensial login kartu kredit. Maka dari itu, Anda harus selalu waspada ketika akan menginstal aplikasi ke smartphone Anda.

Waspada, seribu lebih aplikasi Android rentan terserang FREAK!

(brl/red)