Tingkatkan kualitas telepon, Google Hangouts gunakan koneksi P2P

Tingkatkan kualitas telepon, Google Hangouts gunakan koneksi P2P

Techno.id - Bicara soal kualitas panggilan telepon, Google Hangouts mungkin masih kalah jernih jika dibandingkan dengan Skype. Pasalnya, Google Hangouts memang tidak menggunakan koneksi peer-to-peer (P2P) layaknya Skype.

Sebuah kabar gembiranya, koneksi andalan Skype itu akhirnya juga mulai diterapkan di dalam aplikasi Google Hangouts versi terbaru. Hanya saja, update tersebut masih baru tersedia di platform Android saja.

Tingkatkan kualitas telepon, Google Hangouts gunakan koneksi P2P

Pesan P2P di aplikasi Google Hangouts versi Android
2016 9to5google.com

"Jika memungkinkan, Google Hangouts (secara otomatis) akan meningkatkan kualitas telepon (baik audio maupun video) melalui koneksi P2P," bunyi pop-up pesan di aplikasi Google Hangouts versi terbaru.

Dalam pesan tersebut, selain P2P, juga tertulis jika panggilan telepon (alternatif) akan menggunakan rute langsung ke server Google. Artinya, kualitas telepon di jalur ini akan kembali menurun (di bawah P2P).

Yang perlu digarisbawahi, koneksi P2P memiliki kelemahan dari sisi privasi. Seperti halnya kebijakan baru Skype beberapa waktu yang lalu, koneksi P2P dapat menyebabkan IP address sang pemakai terekspos.

(brl/red)