Terinspirasi tokoh Iron Man, Mercedes rancang dashboard mobil canggih

Terinspirasi tokoh Iron Man, Mercedes rancang dashboard mobil canggih

Techno.id - Inspirasi bisa datang dari mana saja. Prinsip inilah yang nampaknya sedang dianut para teknisi mobil masa depan ala Mercedes, F015.

Betapa tidak, para teknisi Mercedes tersebut saat ini dilaporkan tengah mengadopsi ide dari teknologi di balik film Iron Man, karakter superhero fiksi Marvel, untuk membuat dashboard super canggih bagi mobil otonom seri F015. Untuk mewujudkan hal tersebut, Mercedes kabarnya menggandeng perusahaan software, The Foundry yang memang khusus membuat efek visual serta grafis untuk film Iron Man.

Seperti dilansir oleh SlashGear (4/10/15), kehadiran The Foundry pada proyeknya kali ini membuat dashboard pada mobil F015 bisa menampilkan fitur visual yang tak bisa diberikan oleh perusahaan otomotif lainnya. Mercedes mengklaim dashboard yang didukung juga dengan mesin konten MODO 3D ini dapat membangun tampilan animasi lengkap mengenai keadaan mobil saat melaju, seperti kecepatan yang ditempuh, arah dan laju angin saat mobil bergerak, maupun sisa jarak tempuh layaknya tampilan antarmuka layar pada robot Iron Man.

Terinspirasi tokoh Iron Man, Mercedes rancang dashboard mobil canggih

Selain itu, dashboard untuk Mercedes F015 juga akan dilengkapi dengan sensor yang diklaim lebih intuitif dan responsif ketimbang milik kompetitornya seperti CarPlay dan AndroidAuto. Sensor tersebut diklaim paling mengerti kebutuhan pengemudi, sehingga dapat menerima dan menyajikan perintah dari beberapa perangkat yang terhubung. Sistem ini menurut pihak Mercedes bakal menghindarkan pengemudi dari kecelakaan saat harus melakukan aktivitas yang berhubungan dengan perangkat mobile mereka saat berkendara.

Terinspirasi tokoh Iron Man, Mercedes rancang dashboard mobil canggih

Saat ini, sistem pada dashboard mobil otonom Mercedes masih kompatibel dengan perangkat berbasis iOS saja. Mercedes berencana ke depannya, sistem pada dashboard mobil otonomnya bisa terhubung dengan berbagai perangkat mobile apa pun.

(brl/red)