Terancam, WhatsApp blokir link Telegram di aplikasinya

Terancam, WhatsApp blokir link Telegram di aplikasinya

Techno.id - Aplikasi pesan asal Rusia Telegram nampaknya menjadi momok yang menakutkan untuk WhatsApp. Pasalnya, aplikasi pesan populer yang mencapai satu miliar pengguna aktif ini dikabarkan telah memblokir link yang menuju ke aplikasi Telegram di aplikasinya, seperti yang di lansir oleh 9to5google.com (01/12/15).

Hal ini dikatakan karena semakin populernya aplikasi Telegram yang menawarkan privasi tingkat tinggi untuk penggunanya. Bukan hanya memblokir link Telegram, WhatsApp juga menghilangkan fitur copy paste untuk link tersebut.

Terancam, WhatsApp blokir link Telegram di aplikasinya

Ini artinya, jika Anda dikirimi link tersebut, Anda harus mengetiknya di browser Anda secara manual jika ingin membukanya. Bahkan blokir ini berlaku di profil pengguna, chatting individu, dan grup.

Pihak Telegram mengatakan jika hal ini adalah tanggung jawab WhatsApp, sama seperti yang dilakukan Facebook sang empunya WhatsApp pada situs Torrent yang di blokir pihaknya di news feed dan aplikasi Messenger-nya.

Walaupun begitu, pihak Telegram tidak merasa khawatir tentang pemblokiran link ini.

"Biasanya setelah adanya reaksi dari media, Facebook akan menyalahkan sistem penyaringan cerdas mereka," ujar juru bicara Telegram dikutip dari The Verge.

Sampai saat ini, WhatsApp dan Facebook belum memberikan penjelasan soal pemblokiran ini. Nah, bagaimana pendapat Anda? Apakah strategi ini akan berhasil untuk menjaga kepopuleran WhatsApp?

(brl/red)