Synaptics bakal hadirkan teknologi Force Touch pada layar Android

Synaptics bakal hadirkan teknologi Force Touch pada layar Android

Techno.id - Pameran teknologi IFA 2015 kemarin telah mengungkap smartphone Android pertama yang dilengkapi dengan teknologi Force Touch, yaitu Huawei Mate S. Seakan tak mau kalah, beberapa minggu kemudian, Apple langsung meluncurkan iPhone 6S dan iPhone 6S Plus dengan teknologi serupa.

Sekarang, pencinta Android tak harus membeli Huawei Mate S untuk dapat merasakan teknologi Force Touch karena Synaptics telah memperkenalkan fitur ClearForce sebagai solusi kekuatan sentuhan layar layaknya Force Touch. Pengembang antarmuka ini menciptakan ClearForce untuk menghadirkan dimensi baru dalam user interface, seperti kecepatan bergulir, zoom, game, mengedit foto atau menerapkan gaya variabel dengan jari atau stylus.

Nantinya, teknologi Force Touch akan menjadi teknologi biasa dan kemungkinan menjadi teknologi wajib yang harus dimiliki semua model smartphone. Nah, Synaptics bakal mengawali mimpi itu dan mewujudkan lebih awal pada smartphone Android, seperti yang dilansir oleh News.Softpedia (7/10/15).

Tak hanya ClearForce, Synaptics juga menghadirkan teknologi yang mirip dengan Force Touch untuk perangkat laptop. Bedanya dengan ClearForce, teknologi yang dinamakan ClearPad 3700 ini disematkan pada bagian touchpad laptop. Ke depannya, teknologi yang dihadirkan Synaptics ini akan diperkenalkan pada begitu banyak model smartphone Android di tahun 2016.

(brl/red)