Samsung ikutan Apple bawa fitur blokir iklan untuk Android

Samsung ikutan Apple bawa fitur blokir iklan untuk Android

Techno.id - Seperti yang Anda tahu, awal tahun ini Apple secara diam-diam telah meluncurkan aplikasi blokir iklan di layanannya. Hal tersebut sontak membuat beberapa perusahaan penyedia iklan panik. Namun, seakan tak peduli dengan sumber pendapatan perusahaan iklan, Samsung justru ikut-ikutan merilis fitur blokir iklan pada browser miliknya.

Aplikasi browser yang diberi nama Samsung Internet for Android ini telah mendapat pembaruan untuk memblokir iklan-iklan. Sistem kerja dari fitur ini juga hampir mirip dengan aplikasi blokir iklan milik Apple. Bedanya, fitur blokir iklan milik Samsung hanya bisa digunakan untuk aplikasi browser Samsung Internet for Android saja.

Tentu, hal ini tak akan membuat perusahaan yang mengambil untung di bidang advertising merasa dirugikan. Pasalnya, mereka masih bisa meraup keuntungan dari browser lain, seperti Google Chrome, Opera, Firefox dan lain-lain, seperti yang dilaporkan oleh TheNextWeb (1/02/2016).

Dengan pembaruan fitur blokir iklan tadi, pengguna Samsung Internet for Android dipastikan dapat memuat halaman lebih cepat. Tim pengembang Samsung mengatakan bahwa pembaruan tersebut dapat membuat browser Samsung lebih cepat hingga 51 persen.

Sayangnya, seluruh pengguna smartphone Samsung belum tentu bisa menjajal fitur blokir iklan tersebut. Samsung memberikan batasan bahwa hanya perangkat dengan Android 5.0 ke atas yang bisa menggunakannya. Namun, Anda tak perlu khawatir karena beberapa bulan lagi, Samsung juga akan segera menyertakan pembaruan blokir iklan ke perangkat Android 4.0.

(brl/red)