Pesaing Siri akan segera rilis di iOS dan Android

Pesaing Siri akan segera rilis di iOS dan Android

Techno.id - Jika Anda bosan dengan pemakaian Siri pada iPhone maupun Google Voice di Android, maka Anda bisa mencoba Cortana. Kecerdasan buatan melalui perintah suara milik Windows ini akan tersedia di platform iOS dan Android, seperti yang dkutip dari Tweaktown.com.

Seperti yang dilansir oleh Tweaktown.com (15/03/15), Cortana dengan nama proyek 'Einstein' diharapkan oleh Microsoft akan bisa menyaingi perintah suara milik Apple, yaitu Siri. Hal ini memungkinkan untuk Cortana, karena Cortana sendiri telah meningkatkan kecerdasannya untuk pengenalan suara serta bisa beradaptasi dengan perilaku penggunanya. Kecerdasan Cortana dikatakan Microsoft akan lebih unggul dibandingkan milik Apple Siri.

Microsoft memang sedikit mengubah strateginya dalam beberapa tahun terakhir, seperti memberikan layanan pada perangkat non-Windows. Sekarang mereka ingin merambah pada platform yang lebih populer seperti iOS dan Android. Diharapkan dengan dengan ini, Microsoft dapat menarik penggunanya untuk menggunakan software perusahannya.

Seperti yang terdahulu, Microsoft juga memberikan layanan Microsoft Office pada platform lain seperti iOS. Cortana mungkin mengikuti jejak kesuksesan dari software terdahulunya yang sudah bertengger di App Store milik Apple.

Walaupun Cortana akan muncul dan menjadi pesaing Siri, namun Apple tampaknya tetap akan mengizinkan dan sedikit melonggarkan peraturan pada pesaingnya ini. Hal ini setidaknya pernah terjadi pada Google Maps yang merambah platform iOS dan dipersulit karena memang berpotensi untuk menyaingi Apple Maps.

Untuk tanggal pastinya, sampai saat ini masih belum ada keterangan resmi dari perusahaan milik Bill Gates tersebut.

(brl/red)