Panda Antivirus 2016, antivirus gratis yang powerful

Panda Antivirus 2016, antivirus gratis yang powerful

Techno.id - Chandra Wijaya

Seperti diketahui bersama, antivirus adalah senjata utama Anda untuk melindungi perangkat dari serangan virus. Namun, masalah baru datang saat Anda kebingungan memilih antivirus mana yang terbaik.

Anda tak perlu terlalu khawatir, kebanyakan antivirus populer juga menyediakan versi gratis, tentunya dengan kelengkapan fitur yang berbeda jauh dengan versi berbayarnya. Agaknya, hal itu tak sepenuhnya berlaku bagi Panda Antivirus 2016.

Di versi terbarunya, Panda bahkan telah mengubah tampilannya baik untuk yang versi gratis maupun berbayar. Tampilan utamanya menggunakan model 'tile' yang langsung menampilkan statistik hasil scan, link ke 'dashboard', 'USB protection', dan 'process monitor'. Dua yang terakhir terdengar agak asing di program antivirus (AV).

USB protection akan mencegah aplikasi otomatis dijalankan saat kita menancapkan USB device dan langsung melakukan scanning file yang ada di dalam device. Sementara process monitor fiturnya hampir seperti Windows Task Manager.

Performa
Panda mengklaim kalau sebagian besar proses scan-nya dijalankan di cloud dan hanya sedikit yang dilakukan di PC. Namun, klaim ini kurang terlihat saat diuji.

Buktinya, scan sejumlah file yang total ukurannya sekitar 50GB memakan waktu hampir 2 jam. Tapi ini tidak terlalu mengkhawatirkan, karena baru proses scan yang pertama dan biasanya sebagian besar program AV akan membuat fingerprint dari file yang di-scan, sehingga jika scan dilakukan lagi file tersebut tidak akan dicek kembali kecuali terjadi perubahan isi file selama proses scan berlangsung.

Namun di scan kedua dengan jumlah file yang sama, waktu yang dibutuhkan hanya berkurang sedikit dari proses yang pertama. Sepertinya tidak banyak fingerprint yang dibuat, sehingga program terlihat harus scan ulang banyak file.

Panda Antivirus 2016, antivirus gratis yang powerful

(brl/red)