Microsoft yakin Windows 10 akan selamatkan Windows Phone

Microsoft yakin Windows 10 akan selamatkan Windows Phone

Techno.id - Menjelang peluncuran Windows 10, Microsoft justru mengalami banyak cobaan. Pasalnya dalam beberapa waktu belakangan, berbagai berita negatif tampak makin gencar menyerang perusahaan yang berbasis di Redmond, AS tersebut.

Sebut saja seperti pemecatan sebanyak 7.800 karyawan Microsoft yang berasal dari divisi hardware ponsel. Belum lagi, prediksi para analis yang mengatakan jika Windows Phone akan 'gulung tikar' dalam waktu yang tidak lama lagi.

Menanggapi hal tersebut, Microsoft mengaku bahwa pihaknya masih sangat berkomitmen terhadap Windows Phone. Hal itu disampaikan langsung oleh CEO Satya Nadella dalam sebuah wawancara di sela-sela ajang Worldwide Partner Conference 2015 digelar.

Sebagaimana dikutip dari Softpedia (14/07/2015), Nadella percaya bahwa kebijakan upgrade Windows 10 secara gratis akan membantu popularitas Windows Phone secara signifikan. Ia juga meyakini jika konsep universal Windows 10 akan membuat pengembang akhirnya menyesuaikan dengan platform.

Pada dasarnya, menurut Nadella, jika pengguna yang upgrade ke Windows 10 versi desktop lebih banyak dari yang diperkirakan, maka popularitas Windows 10 versi mobile juga akan semakin tinggi. Alhasil, Windows Phone pun ikut terkena imbasnya.

"Semua ini bermuara pada bagaimana Anda akan mendapatkan perhatian pengembang untuk datang ke Windows. Jika Anda ingin sistem operasi, maka Anda akan berada di ponsel. Jika Anda ingin HoloLens, Anda akan berada di Xbox. Ini bukan tentang persaingan, melainkan sebuah pandangan yang berbeda," terang Nadella.

Adapun Windows 10 versi desktop sendiri rencananya bakal hadir di akhir bulan Juli 2015. Sedangkan untuk Windows 10 versi mobile rencananya akan mulai diluncurkan ke publik pada akhir tahun 2015.

(brl/red)